Jokowi Sebut 433 Desa di Timur Indonesia Belum Teraliri Listrik

Presiden Joko Widodo (foto:Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Presiden Joko Widodo mengakui, masih terdapat 433 desa yang belum tersentuh listrik di Indonesia. Desa-desa tersebut berada di empat Provinsi di Indonesia.

“Masih terdapat 433 desa yang belum teraliri listrik. Meskipun jumlahnya sedikit kalau dibandingkan dengan jumlah desa di seluruh tanah air 75 ribu tapi apapun ini harus kita selesaikan,” ujar Jokowi dalam video conference, Jumat (3/4).

Desa yang belum teraliri listrik tersebut, kata Jokowi, berada di kawasan timur Indonesia. Sebanyak 34 Desa berada di Papua, 102 desa di Papua Barat, 5 desa di Nusa Tenggara Timur dan satu desa di Maluku.

Jokowi juga meminta menterinya untuk mengidentifikasi desa mana saja yang belum masuk listrik.

“Saya minta diidentifikasi secara jelas desa mana yang berdekatan dengan desa yang berlistrik. Desa mana yang jaraknya rumah antar penduduk berjauhan dan berdekatan,” katanya.

Dengan adanya identifikasi terkait desa mana yang belum teraliri listrik, Jokowi berharap, dapat ditentukan teknologi yang tepat untuk membangun jaringan listrik.

“Sehingga kita dapat menentukan strategi pendekatan teknologi yang tepat apakah dengan ekstensi jaringan listrik atau kah dengan pembangunan mini grid seperti microhydro itu, PLTD atau pun distribusi tabung listrik,” jelasnya