Kantor Kelurahan Jrebeng Lor Roboh, Wali Kota Probolinggo Geram Temukan Material Tidak Sesuai

Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin melihat langsung bangunan kantor kelurahan Jrebeng Lor yang roboh
Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin melihat langsung bangunan kantor kelurahan Jrebeng Lor yang roboh

Reportase.tv Probolinggo – Atap dan bangunan aula kantor Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo pada Kamis (02/12/21) sore, mendadak roboh dan tidak diketahui penyebabnya.

Padahal saat ambruknya atap dan bangunan tersebut, kondisi cuaca terbilang bersahabat, dikarenakan saat itu cuacanya hanya hujan gerimis, disertai dengan angin yang tidak tergolong kencang.

Ternyata, bangunan yang dibangun tahun 2007 tersebut, sudah lama tidak dipakai, lantaran konstruksi atap dan bangunan aula kantor tersebut memang sudah rapuh dan kurang kokoh.

Menurut Tirap (45), Staff kantor Kelurahan Jrebeng Lor, menceritakan saat itu dia hendak pulang usai mengisi absensi, sedangkan pegawai lain sudah pulang semua, tinggal dia sendirian.

Lalu sekitar pukul 16.30 WIB, saat sudah diluar dan hendak meninggalkan kantor, tiba-tiba mendengar suara yang cukup kencang dan riuh, spontan dirinya melihat ke arah belakang, namun atap dan bangunan aula itu sudah ambruk.

“Saya kaget, saat mau pulang ada suara kencang sekali, lalu saya lihat ke arah belakang, tiba-tiba atap bangunan aula itu sudah roboh,” kata Tirap.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka saat peristiwa tersebut, mengingat bangunan tersebut sudah setahun lalu tidak pernah digunakan lantaran kondisinya rapuh. Rencananya pada tahun 2022 akan diperbaiki total.

Jum’at (03/12/21) pagi, suasana Kantor Kelurahan Jrebeng Lor terlihat pegawai dan staff kelurahan tersebut tengah kerja bakti untuk membersihkan material bangunan pasca roboh.

Bahkan dalam kondisi berantakan dan rusak parah akibat bangunan dan atapnya roboh, pelayanan terhadap masyarakat tetap terus berjalan seperti biasa.

Mendapat laporan itu, Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin langsung turun dan mendatangi lokasi kejadian untuk meninjau dan mengecek bangunan aula kantor kelurahan bersama sejumlah Kepala OPD Pemkot Probolinggo.

Namun saat mengecek dan meninjau lokasi Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin tampak geram, sebab bangunan yang dibangun pada tahun 2007 itu terhitung baru berusia 14 tahun dan dianggap tergolong tidak bagus dalam pengerjaannya.

Selain itu, Habib Hadi (sapaan akrab Wali Kota Probolinggo) juga menemukan besi cor pada tiang penyangga bangunan yang roboh itu kurang kuat, lantaran ukurannya agak kecil tidak seperti pada umumnya, sehingga tiang tersebut kurang kokoh karena terlalu berat bebannya.

Tidak menutup kemungkinan, kayu yang terpasang pada bangunan tersebut juga kurang baik, sehingga tidak bertahan lama dan cepat lapuk.

“Alhamdulillah, musibah ini tidak sampai memakan korban jiwa, itu yang terpenting. Insya Allah tahun 2022 nanti kita akan perbaiki total, padahal bangunan ini dibangun tahun 2007. Sedangkan pada bagian atas bangunan ini, seharusnya menggunakan galvalum agar lebih kokoh dan tahan lama,” kata Habi Hadi

Habib Hadi menghimbau untuk seluruh lurah dan staff agar selalu menjaga kantor kelurahan agar kejadian serupa tidak terulang kembali, ujarnya. (Phan)