Kapal Nelayan Terbakar, Dua ABK Tewas Terjebak

SIBOLGA,reportase.tv- Dua anak buah kapal (ABK) meninggal dunia setelah kapal penangkap ikan KM Daya Cipta terbakar di Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Sibolga pada Senin (30/4).

Dari informasi yang diperoleh kedua ABK yang tewas akibat terjebak di dalam kapal. Keduanya diketahui bernama Marsudi Tanjung (35), kepala kamar mesin, dan wakilnya Siregar (40).

Koordinator Pos SAR Sibolga, Hari Susanto mengatakan bahwa pada saat kejadian, kedua korban saat masih berada di dalam kapal.

“Keduanya korban merupakan warga Jalan Murai, Sibolga. Dimana, korban tersebut mengalami luka bakar serius,” katanya, Selasa (30/4).

Hari menjelaskan bahwa sebelum terbakarnya KM Daya Cipta, kapal penangkap ikan itu pulang selesai melaut sekitar pukul 07.00 WIB. Sekitar pukul 07.15 WIB, kapal telah bersandar di dermaga dan tiba-tiba kapal terbakar.

“Kapal sepanjang 20 meter itu membawa hasil tangkapan ikan dan saat bersandar di Dermaga PPN Sibolga tiba-tiba terdengar ledakan dari dalam kapal. Diduga ledakan itu karena kebocoran gas,” jelasnya.

Mendapat informasi tersebut tim SAR yang berada di Pos SAR Sibolga dan crew KN SAR Nakula bergerak menuju lokasi untuk memadamkan kapal yang terbakar dan mengevakuasi dua orang korban yang berada di dalam kapal tersebut.

“Tim beserta warga yang berada di dermaga kemudian melakukan evakuasi dan memadamkan api. Kurang lebih 20 menit pemadaman dilakukan. Petugas akhirnya berhasil mengevakuasi kedua korban yang sudah meninggal dunia dalam lindungan terbakar,” pungkas Hari.

(ERLANGGA)