Kapolresta Banyumas Resmikan Rumah Baca Bhayangkara Polsek Sumpiuh

Reportase.tv Banyumas – Polresta Banyumas mewajibkan semua polsek memiliki rumah baca. Di Banyumas tercatat baru tiga polsek yang mempunyai layanan perpustakaan untuk umum. Diharapkan polsek polsek yang lain akan membangun.

“Dibangunnya Rumah baca ini untuk mendekatkan buku dan kepolisian ke masyarakat,” tegas Kapolresta Banyumas Kombes Pol Whisnu Caraka, S.I.K usai peresmian Rumah Baca Bhayangkara Polsek Sumpiuh, Kamis (30/1/2020).

Rumah Baca Bhayangkara Polsek Sumpiuh merupakan perpustakaan ketiga di wilayah hukum Polresta Banyumas. Sebelumnya, Polsek Banyumas dan Kalibagor yang telah membuka fasilitas perpustakaan untuk umum.

Kapolresta menilai polisi juga memiliki peran dalam meningkatkan kualitas masyarakat. Salah satu caranya adalah melalui layanan perpustakaan. Sehingga, dapat memfasilitasi masyarakat untuk memperoleh ilmu dan pengetahuan.

Sementara itu, Kapolsek Sumpiuh AKP Sardjupri SH menyebut rumah baca berukuran 6 x 3 meter berkapasitas hingga dua ribu buku. Akan tetapi, hingga peresmian rumah baca baru terisi belum sampai setengahnya yakni 800 buku.

Meski belum maksimal, Rumah Baca Bhayangkara Polsek Sumpiuh menyediakan beragam koleksi buku. Misalnya agama, fiksi, non fiksi, anak-anak.

“Pengadaan buku juga kerja sama dengan Arsip dan Perpustakaan Daerah (Arpusda). Rumah baca merupakan program dari atasan yang harus dilaksanakan,” terang Kapolsek. (Kus)