Kawasan Wisata Dieng Banjarnegara Akan Terus Dikembangkan

Foto, PLH Bupati Banjarnegara Syamsudin bersama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara Agung Yusianto saat memaparkan potensi pengembangan kawasan wisata Dieng di taman gatot kaca Dieng , Rabu (18/5/2022).(foto/ahr)

REPORTASE.TV,BANJARNEGARA – Sebagai ikon Banjarnegara, Jawa Tengah  di bidang pariwisata, Dieng akan terus dikembangkan dari berbagi sisi.

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Banjarnegara sendiri telah membuat road map kegiatan pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Dieng tahun 2022-2026 untuk semakin memperkuat identitas Dieng Banjarnegara.

Kepala Disparbud Banjarnegara, Agung Yusianto mengatakan, untuk tahap pertama di tahun 2022 ada beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka pengembangan KSPN Dieng, antara lain membangun landmark di pertigaan Aswatama dengan tulisan Dieng Banjarnegara, peningkatan jalan dari pertigaan Aswatama menuju Kawah Sikidang, merehab Pendopo Soeharto Withlam dan mengembangkan program wisata edukasi untuk anak sekolah.

“Sedangkan di tahap kedua tahun 2023 sampai 2026 kita berencana membangun jalur wisata efektif dari Singomerto ke Dieng,” katanya saat kegiatan Sarasehan Pengembangan KSPN Dieng di Taman Gatot Kaca, Dieng Banjarnegara (Rabu 18/5/2022).

Agung menambahkan, untuk membangun jalan yang lebih strategis ke arah Dieng maka nantinya pertigaan Singomerto akan digeser di depan Puskesmas Sigaluh 1 yang baru. Kemudian akan melewati Plipiran Madukara, Pagentan dan Pejawaran untuk ke Dieng.

“Kita juga akan buat rest area di beberapa titik di jalan sepanjang 35 kilometer menuju Dieng. Harapannya ketika jalur sudah bisa dilewati maka akan muncul potensi ekonomi disitu,” lanjutnya

Lebih jauh Agung menjelaskan, Dieng sebagai daya tarik wisata di Kabupaten Banjarnegara mencatatkan rekor junjungan wisatawan hingga mencapai angka 20.144 pengunjung dalam satu hari saat libur lebaran 2022 kemarin.

“Melihat angka kunjungan tersebut maka kami yakin Dieng memiliki daya tarik yang luar biasa. Oleh karena itu kita berkomitmen untuk terus mengembangkan dan memperkuat identitas destinasi wisata tersebut,” tambahnya

Sementara itu Plt Bupati Banjarnegara, Syamsudin sangat mendukung program kegiatan yang akan dilaksanakan. Dieng dengan segala potensinya perlu terus dirawat dan dijaga. Peran serta pemerintah, masyarakat serta pihak lainnya diharapkan mampu menjaga keberlanjutan kegiatan pariwisata ini.

Syamsudin juga meminta masyarakat maupun wisatawan untuk turut berperan serta menjaga kebersihan lingkungan di area objek-objek wisata di Dieng. Menurutnya, ketika kebersihan dijaga, sampah-sampah tidak ada yang berserakan maka akan membuat kawasan Dieng semakin indah.

“Butuh peran serta semua pihak untuk menjadikan Dieng sebagai destinasi wisata yang selalu menarik untuk dikunjungi dan memberikan kesan yang baik bagi siapapun yang datang ke tempat ini,” katanya.(anhar)