Kekeringan Parah, Komunitas Ngapak Srhuntul Team Droping Air Bersih

Reportase.tv Banyumas – Akibat kemarau berkepanjangan, menyebabkan sumur dan sumber mata air mati. Warga pun rela mencari air bersih ke desa tetangga untuk kebutuhan MCK.

Minggu (15/9/2019) siang, warga menaruh ember, jerigen atau penampung air di depan rumah untuk menerima droping air bersih dari komunitas Kijang Kabupaten Banyumas.

Aksi bagikan air bersih ini digelar puluhan anggota komunitas Kijang Ngapak Srunthul Team Kabupaten Banyumas. Mereka turun ke desa-desa untuk menyuplai air bersih ke warga. Sedikitnya enam unit kendaraan bak terbuka serta satu truk membawa toren berisi air bersih.

Kegiatan droping air bersih ini difokuskan ke desa-desa yang memang sudah tidak ada air lagi. Pasalnya desa-desa tersebut merupakan desa tadah hujan, sehingga saat kemarau tiba, belik dan sumber mata air mati.

Sejumlah warga mengaku di wilayahnya sudah sangat kesulitan mendapatkan air bersih, karena sudah lima bulan kekeringan. warga merasa sangat terbantu adanya bantuan air bersih dan berharap terus ada bantuan yang datang.

Ratimah, salah satu warga mengaku, “setiap kemarau, air disini sudah tidak ada. Jika ada bantuan saya senang sekali. Jika tidak saya mencari ke desa lain atau membeli.”

Hal serupa diakui wartem, “disini sudah sangat susah mendapatkan air bersih, kalau mencuci sangat susah. Apabila mencari ke desa lain sejauh 3 kilo.”

Darisun, ketua komunitas Ngapak Srhunthul Team menjelaskan, “Shrunthul Team mengadakan bantuan air bersih kepada warga yang selama ini sudah sangat membutuhkan karena kemarau berkepanjangan.”

“Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian Shrunhutl Team membantu air bersih ke desa-desa karena saat ini sudah sangat parah. Untuk satu wilayah saya kirim sebanyak 8 ribu liter dan dilanjutkan ke wilayah lain.” Tambah Darisun

Musim kemarau berkepanjangan menurut komunitas ini menjadi salah satu penyebab belik dan sumber mata air kering. Hal itulah yang membuat komunitas tergugah dan melakukan droping air bersih ke sejumlah desa di wilayah banyumas.

Aksi suplai air bersih ini sebagai bentuk kepedulian sesama karena melihat kekeringan ini sudah sangat parah. Tak hanya di sini saja, mereka akan melakukan terus hingga turun hujan. (Kus/Sfy)