Keluarga Alm Presiden Soeharto Berkurban  di Masjid Agung Baitussalam

Salah satu Sapi bantuan keluarga Bambang Triatmojho, putra mendiang presiden Soeharto.(Foto Kus)

Reportase.tv,Banyumas – Hari Raya Idul Adha merupakan amalan bernilai sunah muakkad yang sangat dianjurkan pada hari raya haji. Berkurban adalah simbol rasa syukur dengan cara berbagi daging kurban pada sesama.

Umumnya hewan qurban yang biasa dikurbankan masyarakat Indonesia mulai dari kambing, domba, sapi, hingga kerbau, ungkap Humas Masjid Agung Baitussalam, Purwokerto Ir.H.Alief Einstein,M.Hum.

H.Einstein mengatakan Idul Adha bisa menjadi momentum untuk menguatkan solidaritas bersama-sama mengatasi pandemi Covid-19, sebab belum sempat dunia bernapas, virus korona kembali dengan varian Delta. Ini jenis virus yang sangat menular, tercepat, dan terkuat, kata WHO.

Ketika umat manusia sedang kesulitan akibat pandemi, memerlukan solidaritas dan kerja sama, di antaranya dengan menyisihkan sebagian harta untuk berkurban, diharapkan tumbuh rasa kebersamaan di masyarakat.

Komandan Satgas Covid-19 Masjid Agung Baitussalam Sersan Mayor (Purn) H.Sudarman,S.Ag. mengatakan bahwa untuk memberikan rasa aman ditengah-tengah pandemi Covid-19 yang belum terkendali dan munculnya varian baru serta untuk menghindari kerumunan warga, Panitia Kurban Masjid Agung Baitussalam dalam penyelenggaraan kurban dimulai dengan penyembelihan hewan qurban sekitar pukul 00.10 hari Rabu 21 Juli 2021. Kemudian dilanjutkan dengan pengkulitan, pencacahan daging sampai dengan pendistribusian daging kurban kepada masyarkat sekitar yang berhak menerima, semuanya memperhatikan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Wakil Ketua Panitia Amaliah Idul Adha Masjid Agung Baitussalam 1442 H Abdul Habib Nasution,SE. mengatakan bahwa sapi yang pertama tiba di Masjid Agung Baitussalam dari Tapos Bogor pada pukul 10.00 hari Ahad/Minggu 18 Juli 2021 adalah sapi dengan nama-nama pengkurban Bambang Trihatmojo bin Soeharto, Agustina Mayangsari binti Sugito Purbocarito, Khirani Siti Hartini binti Bambang Trihatmojo, HM Soeharto bin Panjang (Almarhum), Hj Fatimah Siti Hartinah Soeharto binti Somoharyono (Alm), Sugito Purbocarito bin Hadiwiseno (Alm), Larasatun binti Muhammad Jaelani.(Kus)