Kembali, Delapan Orang Ditangkap Karena Palsukan Surat Hasil Swab

Reportase.tv, Jakarta – Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus komplotan pemalsu surat keterangan hasil swab antigen dan swab PCR Covid-19. Kelompok ini diringkus di kawasan Margonda, Depok, Jawa Barat.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, kedelapan tersangka berinisial RSH, RHM, IS, DM, MA, SP, MA alias P, dan Y. Mereka menggunakan Facebook untuk melancarkan aksinya.

“Tidak perlu tes, cukup identitas saja. Satu lembar surat keterangan tes swab antigen PCR Covid-19 palsu tersebut dibandrol hingga Rp 900 ribu,” ujar Yusri di Mapolda Metro Jaya, Senin (26/1/21).

Kata Yusri, mereka membuat surat hasil swab palsu menggunakan draft kop Klinik Denti Sari. Mereka mengaku telah melakukan aksinya sejak November 2020.

“Pelakunya ini orang dalam, orang laboratorium jadi dia bisa pake kop dan tanda tangan sendiri. Pengakuannya baru 11 kali, tapi ini terus kita kembangkan,” jelasnya.

Karena perbuatannya, para pelaku dijerat dengan Pasal 263 KUHP dan atau Pasal 268 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 6 tahun penjara.