Kentang Varietas Lokal Banjarnegara “Lampeng” Dapat Sertifikat

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jateng, Joko Pramono menyerahkan sertifikat kentang varietas lokal Banjarnegara kepada Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono.(foto/doc)

Reportase.tv,Banjarnegara – Kentang lokal variates asli Banjarnegara “Lampeng” mendapat  sertifikasi dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Tengah.

Kentang Varietas asli Banjarnegara tersebut, dinyatakan memenuhi semua unsur yang disyaratkan sebagai kentang yang mempunyai kualitas konsumsi dan sebagai produk olahan.

Sertifikasi diserahkan Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jateng, Joko Pramono kepada Bupati Budhi Sarwono di Selasa (29/9/2020).

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jateng, Joko Pramono mengatakan Banjarnegara adalah salah satu penghasil kentang di Jateng dan memiliki ragam sumber daya genetik kentang lokal yang belum tergali secara maksimal.

“Sentra pengembangan kentang di jawa tengah tepatnya adalah di kawasan pegunungan Dieng Kabupaten Banjarnegara,” katanya.

Untuk itu pihkanya bersama dengan Dinas Pertanian Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banjarnegara, team SDG Balitbangtang BPTP Jateng Badan Litbang Pertanian melakukan identifikasi dan karakterisasi satu varietas lokal kentang Banjarnegara, untuk didaftarkan status kepemilikannya ke Pusat PVTPP Kementerian Pertanian.

Lebih jauh Joko mengatakan Varietas lokal Lampeng, katanya mempunyai ciri ciri antara lain bentuk lonjong, warna bunga putih dan relatif tahan terhadap Phytoptora (Oomycetes yang menyebabkan penyakit hawar daun kentang dan busuk kentang) ini.

“Bagi petani dan penangkar benih kentang berharap agar kentang varietas Lampeng menjadi alternatif pilihan dalam pengembangan kawasan kentang yang lebih luas di Kabupaten Banjarnegara dan sekitarnya,” lanjutnya.

Bupati Budhi Sarwono saat menerima sertifikat tersebut menyatakan siap memasyarakatkan kentang Lampeng dari Banjarnegara ini.

Ia berjanji untuk segera melaunching varietas kentang Lampeng  asli Banjarnegara tersebut.

“Kami siap bekerjasama dengan semua pihak untuk memasarkan kentang lokal ini ke pasar nasional maupun internasional,” katanya.(ahr)