Kesadaran Masyarakat Dalam Menyikapi Kebiasaan Baru Ditengah Pandemi Terutama Dalam Menggunakan Masker

YAMUDA HULU Mahasiswa Prodi Sekretari D3 Universitas Pamulang
YAMUDA HULU Mahasiswa Prodi Sekretari D3 Universitas Pamulang

 

Oleh: YAMUDA HULU Mahasiswa Prodi Sekretari D3 Universitas Pamulang

Sejak pandemi covid-19 pada awal maret 2020 berbagai kebijakan yang di lakukan oleh pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona (covid-19) di kalangan masyarakat luas. Namun hal tersebut tidak di pungkiri jika memang dampak dari virus corona ini sangat berdampak bagi perekonomian indonesia. Dari berbagai kebijakan yang telah di lakukan oleh pemerintah ini tentunya harus di dasari dari kesadaran masyarakat untuk ikut berpartisipasi dalam melakukan pencegahhan penyebaran virus tersebut.

Berdasarkan dengan kenyataan yang terjadi bisa di simpulkan bahwa kesadaran masyarakat dalam menyikapi aturan yang di berikan oleh pemerintah terlihat kurang efektif. Hal ini terlihat dari berbagai sikap dari masyarakat dalam menanggapi aturan yang di berlakukan oleh pemerintah, misalnya: yang pertama, pengunaan masker yang sesuai dengan standar kesehatan yang teruji klinis dan sesuai dengan anjuran pemerintah. kementrian kesehatan melalui direktur jendral pencegahan dan pengendalian penyakit dr. Achmad Yurianto mengimbau mayarakat untuk memakai masker yang baik dan bahan yang benar. Ia menjelaskan ada tiga jenis masker yang di rekomendasikan, yakni: masker N95, masker bedah dan masker kain. Dalam penjelasan nya yang lebih lanjut bahwa penggunaan masker kain adalah kain yang yang standar, yaitu setidaknya memiliki dua lapisan, ia tidak menganjurkan untuk penggunaan masker yang scuba dan buff. Hal ini dikarenakan masker tersebut tidak efekif dalam menyaring udara dari luar yang di hirup.

Namun pada kenyataanya masyarakat masih lalai dalam melaksanakan hal tersebut yaitu dengan tidak menggunakan masker yang sesuai dengan anjuran pemerintah. hal ini di latarbelakangi oleh berbagai hal misal nya penggunaan masker scuba dan buff lebih nyaman karena tipis sehingga tidak kesusahan untuk bernapas, bisa menghemat karna masker scuba dab buff bisa dicuci bebeda dengan masker bedah atau masker medis yang hanya sekali pake lalu dibuang.

Kesadaran masyarakat dalam menggunakan masker kadang di picu oleh ke takutan pada pihak yang berwajib misalnya sapol pp yang sering melakukan rajia masker, bukan di dasari oleh kesadaran bahwa menggunakan masker itu sangat penting, hal ini terlihat misalnya di lingkungan kita kerja, jadi ketika kita keluar kantor kita was was menggunakan masker biar di kata bijak dan taat pada aturan namun pada lingkungan kita kerja atau di kantor kita melepaskan masker dengan alasan virus mana ada di dalam kantor dan polisi juga tidak tau kita pakai masker atau tidak.

Sementara menggunakan masker adalah salah satu perisai kita untuk menjaga diri dari resiko terpaparnya virus corona (Covid-19). Bukan hanya sekedar aturan yang harus kita taati namun kita jadikan sebagai rasa sadar bahwa selain diri kita pribadi ada orang lain yaitu keluarga sahabat dan orang di sekitar kita yang harus kita lindungi dari virus yang mematikan itu. Perlu di ingat bahwa mencegah lebih baik dari pada mengobati. Ayo gunakan masker untuk melindungi diri dan keluarga kita salam sehat.