Klaim Herbal Corona Laksma Suradi, TNI AL: Opini Pribadi, Bukan Kedinasan

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Laksma TNI Suradi AS mengaku memiliki ramuan herbal untuk mencegah dan mengobati virus corona (Covid-19). Bahkan personel TNI Angkatan Laut (AL) tersebut mengaku siap memproduksi massal ramuan tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksma TNI Mohamad Zaenal, menyampaikan bahwa berita tersebut tidak dirilis resmi oleh Dispenal. Menurutnya, klaim tersebut berasal dari opini Suradi pribadi.

Zaenal menegaskan, apa yang disampaikan Suradi tidak ada hubungannya dengan kedinasan TNI AL. Klaim tersebut juga tidak berkaitan dengan Dinas Kesehatan TNI AL.

“Saya berharap agar pemberitaan berikutnya tidak menyertakan institusi TNI Angkatan Laut,” ujar Zaenal dalam keterangan resmi yang diterima Reportase.tv, Rabu (29/4).

Diberitakan sebelumnya, Perwira tinggi Angkatan Laut (AL), Dr Suradi AS, S.Sos, S.T, MM mengklaim telah menemukan ramuan herbal yang ampuh membasmi virus Corona (Covid-19). Menurutnya, ramuan herbal ini merupakan hasil kerja keras ahli mikro biologi Indonesia.

“Masa expired-nya lima tahun, semua bahannya dari herbal, ada satu persen yang rahasia. Jadi bayi, anak kecil, ibu hamil dan menyusui, orang tua nggak apa-apa mengonsumsi,” ujar Suradi, Selasa (28/4).