Komandan Brigif 4/DR Pimpin Sertijab Danyonif 407/PK

Para tamu undangan yang menghadiri sertijab Komandan Yonif 407/Padmakusuma. (foto.dok)

Reportase.tv, Tegal – Bertempat di Lapangan Mako Yonif 407/Padmakusuma, Rabu (05/08/2020) sore dilaksanakan serah terima jabatan (Sertijab) Danyonif 407/PK dari komandan lama Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar kepada pejabat baru Letkol Inf. Catur Irawan. Bertindak sebagai inspektur upacara Danbrigif 4/Dewa Ratna Kolonel Inf. Indar Setiyanto dengan komandan upacara Mayor Inf. Aji Danar.

Hadir pula dalam kesempatan itu, Letkol Marinir Ridwan Aziz (Danlanal Tegal), AKBP. Rita Wulandari Wibowo (Kapolres Tegal Kota), Letkol Inf Hari Sandra (Danyonif 406/CK), Letkol Inf Kresna Santy Darma (Danyonif 405/SK), Letkol Inf Irfan Kristian Tarigan (Dandim 0711/Pemalang), Letkol Arm M. Haikal Sofyan (Dandim 0713/Brebes), Kompol M Faisal Perdana (Waka Polres Tegal), Kompol Suryo Wibowo SIK (Wakapolres Brebes), Kompol Ari Iman Prasetya S.Pd MH (Wakapolres Pemalang), Kompol Andis Arfanto (Wakapolres Pekalongan), Kompol Drs Gangsar Subagyo (Wakapolresta Pekalongan) dan Kapten CPM M. Toto Wahyudi (Dansub Denpom IV/1- 3 Tegal).

Dalam sambutannya inspektur upacara, Kolonel Inf. Indar Setiyanto mengatakan serah terima jabatan merupakan hal yang biasa dilakukan dalam lingkungan Angkatan Darat untuk kepentingan organisasi. Dimana penempatan dan penyusunan personel dilakukan melalui mekanisme sidang jabatan dan mempertimbangkan semua aspek, khususnya profesionalitas keprajuritan.

“Alih tugas dan tanggung jawab jabatan yang kita laksanakan hari ini, merupakan bagian dari pembinaan satuan. Terutama yang terkait dengan pembinaan organisasi dalam upaya peningkatan kinerja satuan, yang kesemuanya itu sangat dibutuhkan dalam rangka menghadapi tantangan tugas yang semakin dinamis. Guna mengoptimalkan kemampuan satuan untuk mendukung tugas pokok” ujar Kolonel Inf. Indar Setiyanto

Batalyon Infanteri 407/Padmakusuma sebagai satuan tempur dibawah komando Brigif 4/Dewa Ratna, Mempunyai tugas pokok melaksanakan fungsi utama yakni pertempuran, pembinaan kekuatan dan pembinaan teritorial secara terbatas, melaksanakan fungsi organik militer melalui kegiatan bidang intelijen, operasi, personel, logistik serta melaksanakan fungsi organik pembinaan latihan, dalam rangka mendukung tugas pokoknya.

“Oleh karena itu satuan ini dituntut memiliki mobilitas yang tinggi serta mampu bereaksi cepat sebagai satuan penangkal, penindak dan pemukul yang handal untuk digerakan keseluruh wilayah NKRI. Guna menjawab tantangan tugas tersebut maka komandan satuan harus terus berupaya meningkatkan dan memantapkan profesional prajurit melalui olah keprajuritan yang dilandasi dengan profesionalisme, integritas dan kompetensi, sehingga satuan ini memiliki soliditas dan disiplin yang tinggi,” terangnya.

Lebih lanjut dikatakan, semua tugas tersebut bukanlah tugas yang ringan, untuk itu diperlukan kemampuan manajerial dan kepemimpinan yang handal dari seorang komandan, sekalipun dihadapkan kepada keterbatasan yang dimiliki oleh satuan. berkenaan dengan serah terima jabatan ini.

“Saya selaku Komandan Brigif 4/Dewa Ratna dan pribadi serta atas nama keluarga besar Brigif 4/Dewa Ratna mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tulus kepada Letkol Inf. Sutan Pandapotan Siregar,SIP atas dedikasi, motivasi, serta segenap jerih payah yang telah ditunjukkan selama ini, Sehingga tugas-tugas yang diemban Yonif 407/PK dapat diselesaikan dengan baik. Semoga pengalaman mengemban tugas selama ini, menjadi bahan evaluasi dan bekal untuk meningkatkan kinerja dan meraih sukses yang lebih besar ditempat tugas baru sebagai komandan Kodim 0712/Tegal. Demikian juga kepada Ny. Sutan yang telah setia mendampingi suami dalam melaksanakan tugas sebagai ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LVI Ranting 4 Yonif 407/PK, saya ucapkan terima kasih atas dukungan serta dorongan yang telah diberikan kepada suami sehingga mampu melaksanakan tugas dan pengabdian dengan baik” ujar Danbrig 4/Dewa Ratna.

Kepada Letkol Inf. Catur Irawan beserta istri, Kolonel Inf. Indar Setiyanto mengucapkan selamat datang dan selamat bertugas dijajaran Brigif 4/Dewa Ratna. Segera beradaptasi dengan satuan baru, kenali personel secara baik untuk melaksanakan pembinaan, pengawasan dan pengendalian agar mampu memberikan reward and punishment secara tepat.

“Selanjutnya saya juga mengucapkan selamat kepada segenap prajurit Yonif 407/Padmakusuma yang mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara, yang sebentar lagi akan berangkat melaksanakan tugas operasi pengamanan perbatasan RI-Malaysia di wilayah Kalimantan Barat. Kepercayaan ini merupakan kehormatan dan tugas mulia untuk dipertanggungjawabkan serta dilaksanakan dengan sebaik-baiknya. Bahwa tugas operasi pengamanan perbatasan ini merupakan momentum dan kepercayaan negara yang diberikan kepada prajurit dalam rangka menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Bukan hanya untuk pengamanan wilayah perbatasan semata, tapi yang lebih penting adalah bagaimana kita bisa merebut hati rakyat sekitarnya serta menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat. Dengan tetap berpedoman pada Sapta Marga, sumpah prajurit dan 8 wajib TNI. jaga kekompakkan satuan, koordinasi yang baik dengan aparat setempat sehingga batas kedaulatan bangsa dan negara dapat terjaga dengan baik” tandasnya.*