KPU Brebes Lantik 891 Anggota PPS

Brebes – Sebanyak 891 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) dilantik oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabuapten Brebes, Jawa Tengah. Mereka merupakan petugas pemungutan suara dari tiap desa, kelurahan dari seluruh Kabupaten Brebes.

Pelantikan anggota PPS diselanggarakan di stadion Karang Birahi, Selasa (24/1) pagi. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Brebes M. Riza Pahlevi melantik langsung seluruh anggota PPS tersebut.

“891 anggota PPS yang kita lantik tersebar di 297 desa atau kelurahan yang ada di Kabupaten Brebes. Masing-masing desa atau kelurahan tiga orang,” ungkap Riza usai pelantikan.

Dia menjelaskan, usai pelantikan ini seluruh anggota PPS harus bisa langsung bertugas. Salah satu tugasnya yang paling pertama yaitu merekrut petugas Panitia Pendaftaran Pemilih (Pantarlih).

“Yang mana perekrutan pantarlih ini di mulai pada 26 Januari. Jadi, mereka (anggota PPS, Red) sudah bisa mulai dengan merekrut anggota pantarlih,” jelasnya.

Lebih lanjut, Riza menambahkan, pantarlih yang sudah ditunjuk nantinya akan melaksanakan tugasnya pada 6 Februari 2023 mendatang. Yaitu mendatangi satu persatu keluarga yang ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing.

“Total ada 6.264 TPS yang kita rencanakan. Mudah mudahan nanti bisa berjalan dengan sukses,” imbuhnya.

Berkaca dari Pemilu sebelumnya banyak anggota PPS yang kecapaian, Riza menjawab pihaknya sudah melakukan berbagai upaya. Salah satunya, persyaratan kesehatan menjadi salah satu perhatian dalam perekrutan anggota PPS.

“Misalnya ada cek gula darah dan kolesterol. Ini menjadi catatan bagi kita. Kemudian secara teknis agar anggota bisa bekerja dengan efektif kita akan maksimalkan bimbingan teknis seperti proses pemungutan suara. Jika semua anggota PPS bisa menjalankan tugasnya sesuatu instruki kami, insyaallah semuanya bisa berjalan dengan baik,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, dia meminta kepada anggota PPS yang baru dilantik untuk mengutamakan menjaga integritas. Serta mejjaga soliditas internal PPS dan memperkuat koordinasi dengan jajaran yang lain setingkat mereka.

“Setiap anggota PPS wajib mentaati seluruh aturan yang ada. Terutama dalam menjaga integritas selama pelaksanaan rangkaian Pemilu,” pungkasnya.