Lama Tidak Muncul, Begini Pesan Terawan Terkait Pencegahan Covid-19

Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto mengingatkan pentingnya mencuci tangan selama pandemi Covid-19 belum berakhir. Kondisi tabgan yang bersih dinilai dapat memutus rantai persebaran virus dengan efektif.

“Tangan yang bersih menyelamatkan nyawa dari ancaman Covid-19 dan penyakit menular lainnya,” ujar Terawan dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/10).

Terawan juga mengimbau seluruh lembaga dan kementerian agar terus mensosialisasikan protokol kesehatan. Pemerintah di tingkat Provinsi, kota hingga kabupaten juga diminta gencar mengkampanyekan cuci tangan dengan sabun.

“Pemerintah daerah agar menyediakan sarana cuci tangan pakai sabun di seluruh rumah tangga, lembaga, lokasi pariwisata dan tempat umum lainnya,” katanya.

Lebih jauh Terawan juga meminta semua mitra pemerintah menyediakan fasilitas mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun di tempatnya masing-masing. Imbauan itu juga berlaku bagi pengelola tempat pariwisata dan tempat umum lainnya.

“Kemenkes berencana akan berkolaborasi dengan sektor swasta dan organisasi masyarakat sipil untuk meningkatkan akses ke fasilitas cuci tangan dengan sabun,” tuturnya.