Larangan Mudik, Bandara Soetta Tidak Layani Penerbangan Penumpang Mulai Besok

Bandara Soekarno-Hatta (Foto:Ils)

Reportase.tv, Tangerang – Bandara Soekarno-Hatta meniadakan penerbangan penumpang mulai Jumat (24/4) hingga Senin (1/6) mendatang. Hal ini sesuai dengan kebijakan pemerintah soal larangan mudik, yang berlaku efektif mulai besok.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Novie Riyanto mengatakan, meski tidak melayani penumpang, namun operasi di Bandara Soetta tetap berjalan. Bandara yang dikenal tersibuk di Indonesia ini tetap melayani penerbangan kargo, dan penerbangan lain yang dikecualikan.

“Untuk sektor transportasi udara saya sampaikan pertama larangan perjalanan dalam negeri dan luar negeri baik transportasi udara berjadwal maupun carter 24 April-1 Juni 2020,” ujar Novie dalam keterangannya, Kamis (23/2).

Yang dimaksud penerbangan yang dikecualikan, sambung Novie, yakni penerbangan untuk pimpinan lembaga tinggi negara dan atau wakil kenegaraan organisasi internasional. Kemudian organisasi penerbangan khusus pemulangan WNI,WNA, penegakan hukum dan pelayan darurat petugas penerbangan, operasional kargo

“Juga khusus pengangkutan medis sanitasi dan logistik bisa gunakan pesawat penumpang,” jelasnya.

Untuk beberapa petugas Bandara, kata Novie, juga tetap bekerja seperti biasanya. Pasalnya operasional di Bandara Soetta juga masih tetap berjalan.

“Navigasi udara tetap dibuka 100% sedangkan bandara juga beroperasi seperti biasa dimana mereka wajib layani pesawat take off landing dan lintas bandara tersebut,” tukasnya.