Libur Lebaran, Ribuan Orang Kunjungi Sejumlah Obyek Wisata di Banjarnegara

Telaga Dlingo, Salah satu obyek wisata di Datarn Tinggi Dieng yang diminati wisatawan.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Sehari menjelang selesainya masa libur lebaran atau H +3  pasca lebaran,  sejumlah area wisata di Banjarnegara, Jawa Tengah dipadati wisatawan. Namun dari hasil pantauan reportase, wisatawan masih didominasi warga lokal yang ingin menikmati masa akhir liburan di sejumlah obyek wisata.

Beberapa obyek wisata tersebut juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah terjadinya klaster baru Covid-19.

Seorang anak menikmati wahana Flying Fox di TRMS Serulingmas Banjarnegara.(foto/anhar)

Adanya larangan mudik dari pemerintah membuat beberapa obyek wisata di Banjarnegara yang biasanya ramai dikunjungi wisatawan berkurang cukup drastis.

Seperti Taman Rekreasi Marga Satwa (TRMS) Serulingmas Banjarnegara , meski banyak wisatawan lokal yang datang, namun jumlahnya masih jauh dari harapan seperti tahun – tahun sebelumnya saat lebaran.

“Jumlah pengunjung pada lebaran tahun ini terhitung masih sedikit jika dibanding tahun 2019 lalu, sebelum pandemik,” kata  Direktur Perumda TRMS Serulingmas , Lulut Yekti Adi kepada media dikantornya Minggu (16/5/2021).

Menjekang akhir libur lebaran ini jumlah kunjungan di TRMS serulingmas meningkat. Meski begitu jumlahnya masih jauh jika dibandingkan sebelum pandemi.(foto/ahr)

Lulut menambahkan, dulu sebelum pandemi, pada lebaran ketiga pengunjung  bisa diatas 10.000 orang pengunjung, namun pada hari keempat ini  hanya 2.000 pengunjung yang datang,” lanjutnya

Meski demikian,  Ia mengakui, jika dibanding hari biasa, pengunjung pada akhir pekan ini lebih ramai dibanding hari biasa.

“Pada masa pandemi biasanya jumlah pengunjung TRMS Serulingmas hanya berkisar 100-200 orang, ini lebaran masih mending bisa mencapai 2000 pengunjung,” tambahnya.

Sementara di objek wisata Dieng Banjarnegara juga mulai terlihat wisatawan yang datang meskipun hanya wisatawan lokal banjarnegara, Wonosobo dan sekitarnya yang datang.

Kepala UPTD Objek Wisata Dieng Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Banjarnegara Sri Utami mengatakan, Objek wisata Dieng mulai ramai dikunjungi wisatawan di momentum perayaan Idul Fitri.

Peningkatan kunjungan terjadi pada Kamis (13/5/2021), atau bertepatan hari raya Idul Fitri serta Jumat (14/5/2021) atau h+1 Idul Fitri kemarin.

Candi Arjuna yang menjadi salah satu obyek wisata di Dieng cukup ramai dikunjungi wisatawan. adanya larangan mudik dari pemerintah membuat angka kunjungan wiata ke Dieng menurun cukup drastis.(foto/ahr)

Meskipun peningkatan kunjungan itu tidak terlalu signifikan, jika di banding pada libur lebaran tahun 2019 lalu sebelum pandemi.

Pada hari pertama misalnya, kunjungan wisatawan ke objek wisata Dieng masih setara dengan kunjungan rata-rata pada liburan week end (akhir pekan), yakni di kisaran 4000 sampai 5000.

Hingga Minggu siang (16/5/2021), pihaknya juga belum menghitung  jumlah total kunjungan, dan baru bisa menjelaskan setelah wisata setelah pentupan tempat wisata pada sore hari.

Namun dari jumlah tiket yang terjual pada hari ini, ia memperkirakan kunjungan  ke Dieng cukup ramai atau lebih tinggi dari sebelumnya. Ini terlihat dari lalu lalang wisatawan yang masuk ke objek wisata maupun kondisi lalu lintas di jalur wisata.

Sri menambahkan, jika dibandingkan momentum lebaran tahun lalu sebelum pandemi, tingkat kunjungan ke Dieng tahun ini menurun drastis.

“Sebelum pandemic jumlah pengunjung rata-rata kunjungan wisatawandi masa lebaran mencapai 11 ribu. Kondisi pandemi Covid 19 yang belum berakhir dinilai sangat berpengaruh terhadap menurunnya angka kunjungan ke Dieng dalam setahun terakhir,” katanya.(anhar)