Mahasiswa Muhammadiyah Purwokerto Raih Juara Olimpiade keperawatan Tingkat Nasional

Reportase.tv Purwokerto – Mahasiswa Program Studi Keperawatan S1 Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP), Widya Ninda Puspita bersama Linda Ayu Lestari dan Aisah Catur Priatiningrum berhasil meraih juara 3 lomba Olimpiade Keperawatan di tingkat Nasional.

Dosen Pembimbing NsVivi Leona Amelia Skep MKep mengungkapkan, National Seminar & Soedirman Nursing Competition (NS2NC) yang diselenggarakan di Universitas Jendral Soedirman berlangsung selama 2 hari yakni hari Sabtu-Minggu tanggal 12-13 Oktober 2019.

“Acara ini terdiri dari 3 perlombaan yakni poster, essay, dan Olimpiade keperawatan. Olimpiade keperawatan dilaksanakan pada hari Sabtu, 12 Oktober 2019 dengan mengangkat tema Develop Nurse Competence and Creativity in the Theory and Practice of Cardiovascular,” jelasnya di Purwokerto, Selasa (15/10).

Olimpiade ini, lanjut Vivi, diikuti oleh 21 tim yang berasal dari berbagai institusi yang ada di Indonesia. Terdiri dari 2 babak, di babak pertama (penyisihan), peserta lomba mengerjakan 100 soal dan 1 kasus asuhan keperawatan dalam waktu 145 menit.

“Dari 21 tim diambil 5 finalis untuk menuju babak kedua yaitu uji skill lab. Pengumuman juara dilakukan pada hari Minggu, 13 Oktober 2019 di penghujung acara Seminar Nasional,” jelasnya.

Sementara itu, Widya Ninda salah satu mahasiswa berprestasi mengaku bangga dan senang bisa mengikuti olimpiade tersebut.

“Saya dan tim merasa sangat senang dan bangga karena ini adalah pertama kali kami mengikuti olimpiade dan harus berkompetisi dengan teman-teman dari institusi lain yang sudah berpengalaman mengikuti lomba ini tiap tahunnya. Kami sangat bersyukur ketika kode universitas kami diumumkan menjadi salah satu dari 5 finalis yang terdiri dari tim UMP, UGM, 2 tim UMY, serta UMJ,” urainya.

Terkait dengan hal itu, Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Al Islam Kemuhammadiyahan Akhmad Darmawan SE MSi, mengaku bersyukur dan mengapresiasi atas prestasinya yang berhasil diraih oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut sebagai juara di tingkat Nasional.

Menurut dia, apa yang diraih Widya Ninda Puspita bersama Linda Ayu Lestari dan Aisah Catur Priatiningrum merupakan sebuah capaian prestasi yang membanggakan.

“Alhamdulillah, selamat untuk ananda Widya Ninda Puspita bersama Linda Ayu Lestari dan Aisah Catur Priatiningrum. Semoga mampu terus berprestasi di bidang keperawatan,” pungkasnya. (Kus/Sfy)