Mantap!! Sate Kambing Muda Babeh Acong Mak Nyuss

Reportase.tv, Banyumas – 300 Meter dari Pasar Hewan Ajibarang arah kebarat, ada warung sate yang terkenal dengan daging kambing mudanya. Warung sate bantu joglo jawa ini sudah buka sejak Tahun 2012 lalu.

Meski jauh dari pusat keramaian, Warung sate Babeh Acong Jalan Raya Ajibarang-Kracak tepatnya di depan (Perum Tiara Ajimas) menjadi pusat perhatian para pecinta sate kambing. Tempatnya yang strategis warung sate Ripan 2 ini menyajikan menu sate Kambing, Sate Ayam, Rica-Rica Kambing, Sop Kambing hingga berbagai minuman segar.

Sementara kambing yang dipotong unruk sate usia antata 4-5 bulan. Satu porsi, 10 tusuk daging kambing muda Rp. 24.000.
Potongan daging kambingnya cukup besar, dipadukan dengan sedikit lemak kambing, lalu dipanggang dengan bumbu kecap dan olesan bumbu rahasia spesial Warung Sate Rupan 2.

Tekstur daging sate kambingnya garing di luar, tapi empuk di dalam. Tak perlu tenaga untuk mengunyah sate kambing ini, karena sangat empuk. Bumbu sate yang terdiri dari potongan tomat, bawang merah dan sambal menperkuat rasa sate ini.

Selain itu, Tersedia juga Sop kambing di sini juga terkenal enak, (Rp 20.000). Sop dibuat tanpa santan, melainkan kuah bening, Aroma wangi kapulaga, kayumanis dan cengkeh tercium kuat karena menggunakan bumbu rempah-rempah. Potongan daging kambingnya juga banyak, disajikan dengan irisan tomat dan bawang goreng.

Menurut Babeh Acong 54 tahun, kunci untuk memprtahankan dan menarik pembeli adalah dengan membuat resep masakan yang enak dan membuat potongan dagingnya berukuran besar serta kambinya benar benar muda. Hal inilah cara Babeh Acong untuk menghadapi para pesaing – pesaing Warung Sate yang berada disekitar wilayah Banyumas Barat.

Saat ini Babeh Acong menjalankan usahanya bersama istri dan anaknya. Buka Dari tahun 2012 silam, Saya sudah memiliki 11 cabang tersebar baik di wilayah Kabupaten Banyumas serta wilayah Jawa Barat yakni Ciamis dan Tasikmalaya, “. Ujarnya. (kus)