Mau Berwisata Alam?…Coba ke Karang Gemantung, Pesona Wisata Alam Eksotis di Banjarnegara

Spot paling cantik, dan diminati para fotografer di Lokasi Karang Gemantung (foto/anhar)

Reportase.tv, Banjarnegara – Jika kamu berwisata ke Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah , maka tidak lepas dari destinasi wisata di Dataran Tinggi  Dieng.

Kawasan Dataran Tinggi Dieng sendiri sudah menjadi destinasi nasional namun kini juga menjadi destinasi wisata Internasional.

Setiap tahun puluhan  ribu wisatawan berkunjung ke Dataran tinggi Dieng untuk menikmati panorama alam dan budaya yang tersaji di dataran tinggi dieng.

Selain itu ada Bukit Asmara Situk yang ada di wilayah utara Banjarnegara juga menawarkan wisata yang menantang.

Namun Bagi kamu pecinta wisata alam, saat ini Banjarnegara juga menawarkan banyak keindahan alam lainnya. Dan salah satu wisata alam yang lagi sedang trending adalah Karang Gemantung yang berada di Desa Kebutuh Kecamatan Pagedongan.

Obyek wisata Karang Gemantung terletak sekitar 500 meter dari jalan raya dan berdiri megah menjulang di atas perbukitan. Di bawahnya terdapat hutan cemara yang  sejuk .

Hutan cemara ini juga kerap dijadikan bumi perkemahan bagi  muda mudi yang ingin menghabiskan waktu di tengah kesunyian hutan pinus.

Hampir setiap hari kawasan tersebut kini makin ramai digunakan untuk berbegai aktifitas perkemahan. Dan bagi penggila sepeda, kawasan karang gemantung menjadi area yang tepat untuk mengadu nyali bersepeda gunung.

Sementara bagi penggemar swa foto, berfoto di bebatuan karang dan puncak bukit karang gemantung menjadi sensasi tersendiri.

Pemandangan di sekitar bukit Karang Gemanatung sendiri sangat fenomenal, apalagi jika cuaca cerah di pagi pagi hari akan muncul sunrise mirip dipuncak sebuah gunung.

Untuk menuju lokasi, hanya ditempuh kurang lebih 25 menit dari pusat kota Banjarnegara. Rutenya juga cukup mudah karena  merupakan akses jalan  besar dari dari perempatan Pasar Wage menuju ke arah selatan lurus hingga di Desa Kebutuh.

Dari jalan besar di Desa Kebutuh nanti ada petunjuk jalan  makadam dan cor beton menuju lokasi Karang Gemantung sejauh kurang lebih 500 meter. Sepanjang perjalanan kaki, anda juga bisa menikmati susaan hutan inus yang masih asri dan segar.

Saat cuaca cerah, Bukit Karang Gemantung terliaht sangat cantik dan instagramable.(foto/doc)

Sementara bagi pecinta offroad ataupun gowes rute ke objek wisata alam Karang Gemantung ini juga lumayan menantang sehingga bisa juga dijadikan referensi untuk ber-offroad dan bergowes ria ke sana.

 

Sejarah Karang Gemantung

 

Dinamakan Karang Gemantung karena obyek wisata ini berupa karang-karang yang tersusun rapi dan terlihat seperti bergelantungan di atas bukit. Inilah yang menjadikan obyek wisata alam ini sangat unik dan lain dari wisata alam lainnya.

Begitu sampai di depan parkiran obyek wisata ini, mata pengunjung akan dibuat terpana dengan pemandangan alam di depannya. Karang-karang yang berdiri kokoh tampak benar-benar menjulang kelangit terlihat bergelantungan di atas bukit sangat megah dan indah untuk dipandang.  Pengunjung akan di buat tidak sabar untuk naik ke puncak dan berdiri di atas karang-karang berwana putih yang menawan.

Jalan ke atas bukit masih sedikit sulit karena jalannya masih berupa tanah. Jika tidak hati-hati takutnya akan terpeleset. Namun, hal itu tidak akan menyurutkan niat menuju puncak Karang Gemantung. Sesampainya di atas bukit pemandangan alam benar-benar sangat memakau.

Area hutan pinus di sekitar bukit Karang Gemantung sangat nyaman untuk berkemah atau sekedar beristirahat di tengah hiruk pikuk perkotaan.(foto/anhar)

Pengunjung bisa melihat dengan jelas karang-karang yang tersusun rapi, udara segar yang berhembus dari pepohonan di sekitar lokasi juga keindahan alam yang bisa dinikmati dari atas bukit begitu menakjubkan, bahkan karang-karang tersebut ada yang membentuk sebuah terowongan kecil untuk di lalui dan juga puncak-puncak karang yang bisa di panjat untuk duduk-duduk menikmati luasnya langit yang membentang di atas sana.

Meskipun masih sangat alami dan sangat sederhana, obyek wisata alam Karang Gemantung ini sangat populer bagi para pecinta alam, wisatawan, dan fotografer. Bagi mereka Karang Gemantung memiliki magnet tersendiri yang sangat menarik. Selain berwisata, Karang Gemantung bisa dijadikan tempat untuk bersantai, outbond, camping, juga melakukan sesi foto untuk berbagai acara. Tidak heran jika Karang Gemantung sangat nge-hits dikalangan milenial.

Pengin kesana? Dijamin kalian pasti akan takjub dengan  keindahan alam yang ada di sekitar Karang Gemantung. Eit jangan lupa abadikan foto fotomu untuk kenangan terbaikmu di sini.(anhar).