Mayat Laki-laki Tanpa Identitas Tergeletak di Tepi Sawah di Purbalingga

Reportase.tv, Purbalingga – Sesosok mayat tanpa identitas ditemukan di areal sawah Desa Sidakangen, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga Senin (6/1) dini hari. Mayat berjenis kelamin laki laki itu ditemukan sekitar pukul 02.00 WIB, dengan posisi tergeletak di parit sawah.

Salah satu saksi mata, Kadus II Desa Sidakangen, Wahyu Diawan (36) menuturkan, sekitar pukul 02.30 WIB, dia didatangi beberapa warganya. Mereka melaporkan ada orang meninggal di area persawahan.

“Warga saya itu diberi tahu oleh pencari kodok bahwa di persawahan ada orang meninggal,” katanya.

Atas kejadian itu warga melaporkan ke Polsek Kalimanah. Petugas Polsek Kalimanah, piket SPKT, Tim Inafis, piket Reskrim dan piket Intekam Polres Purbalinggapun datang ke lokasi penemuan mayat tersebut.

“Ternyata benar ada mayat seorang laki-laki tergeletak di parit persawahan dengan posisi duduk bersandar di pematang parit,” kata Kapolsek Kalimanah, AKP Sulasman.

Polisi kemudian melakukan olah TKP dan tidak ditemukan satupun identitas di tubuh korban. Petugas hanya menemukan sebuah tatah kayu di saku celana depan sebelah kiri milik korban. Selain itu di dekat korban ditemukan linggis panjang kurang lebih 60 centimeter dan senter warna hitam.

Karena situasi tidak memungkinkan untuk olah TKP, selanjutnya korban dibawa ke RSUD dr R Goetheng Tarunadibrata untuk dilakukan visum luar terhadap tubuh korban.

Adapun ciri-ciri mayat tersebut jenis kelamin laki-laki, umur sekitar 45 tahun, tinggi 165 centimeter. Korban memakai kaos singlet warna biru tua terdapat tulisan Adidas, celana jeans pendek warna biru dan celana dalam warna merah.

Adapun hasil pemeriksaan yang dilakukan oleh dr Kristanto Setiawan, tidak ada lebam di tubuh dan kondisi korban sudah kaku. Saat diperiksa, lidah korban tergigit, terdapat bercak sperma, dan kuku jari tangan membiru.

“Dipastikan tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan. Diduga korban meninggal sekitar 5-6 jam dari diperiksa,” kata Kasatreskrim Polres Purbalingga, AKP Willy Budiyanto.

Karena tidak ditemukan tanda identitas apa pun pada korban, polisi kemudian melakukan cek sidik jari terhadap korban. Hasilnya, diketahui, korban bernama Suratno Slamet (41), warga Desa Karangpetir RT 2 RW 3 Kecamatan Kalimanah, Purbalingga.

Polisi kemudian memberi tahu keluarga korban perihal kejadian tersebut. Menurut keterangan dari istri korban, belum lama ini korban pernah terkena serangan stroke. Namun kondisinya sudah membaik.

“Semalam korban berpamitan akan mencari belut, kemungkinan serangan stroke itu datang lagi. Kemudian korban pingsan yang akhirnya meninggal,” katanya.

Keluarga korban mendatangi RSUD dr R Goetheng Tarunadibrata Purbalingga untuk memastikan dan mengambil jenazah korban. Pagi itu jenazah di makamkan di TPU desa setempat. (kus)