Mendagri Ingatkan Gubernur Antisipasi Penyebaran Covid-19 Saat Libur Panjang

Menteri Dalam Negri Tito Karnavian saat menggelar rapat beberapa hari lalu. (Foto: istimewa)

Reportase.tv, Jakarta – Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian akan mengimbau seluruh Gubernur di Indonesia untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Terutama dalam masa libur panjang 28 Oktober hingga 1 November 2020 mendatang.

Doni menjelaskan, Tito rencananya akan menginstruksikan hal tersebut melalui surat edaran. Surat edaran tersebut ditujukan kepada seluruh Gubernur di Indonesia.

“Kemendagri hari ini atau besok akan membuat surat edaran ke seluruh gubernur, meminta mengendalikan dan mengelola tempat wisata,” kata Doni melalui Youtube BNPB, Rabu (21/10).

Masyarakat, sambung Doni, menjadi jarang ke luar rumah selama tujuh bulan terakhir. Dikhawatirkan dengan adanya libur panjang pada akhir bulan nanti masyarakat akan mengunjungi sejumlah tempat wisata.

Oleh karenanya Doni berharap pengelola tempat wisata dapat menerapkan protokol kesehatan terhadap para pengunjungnya. Diharapkan juga para kepala daerah dapat menaati surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri.

“Sehingga tempat wisata tidak boleh lebih dari 50 persen. Ini untuk menghindari kerumunan,” katanya.

Dengan mengurangi potensi kerumunan, Doni meyakini, liburan akan terasa nyaman. Masyarakat juga diimbau untuk terus disiplin menjalankan protokol kesehatan.

“Masyarakat juga diingatkan agar selalu mematuhi protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, serta menghindari terjadinya kerumunan,” tandasnya.