Menkeu Sebut Kerugian Dunia Akibat Corona Mencapai 9 Triliun Dolar Amerika

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (foto: Instagram)

Reportase.tv, Jakarta – Dampak pandemi Covid-19 terus menggerogoti perekonomian dunia. Hingga saat ini kerugian dunia akibat pandemi ini mencapai 9 triliun dolar Amerika.

“Dampak kerugian akibat Covid telah mencapai 9 triliun dolar AS untuk periode 2020-2021, ini akibat kontraksi dari ekonomi dunia dan berbagi kondisi sosial seperti PHK,” ujar Menteri Keuangan Sri Mulyani, Kamis (30/4).

Sri Mulyani juga menjelaskan, angka ini dapat terus bertambah seiring belum selesainya masa pandemi corona. Apalagi, belum dapat ditentukan kapan vaksin untuk mengobati virus ini dapat ditemukan.

“Artinya betapa dahsyatnya suatu pandemi dalam waktu singkat kurang dari 1 Kuartal telah menyapu ekonomi dunia,” katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga memaparkan, aktivitas perdagangan global mengalami penurunan hingga 32 persen. Belum lagi dampak ekonomi yang dirasakan langsung oleh masyarakat.

“Pengangguran melonjak sangat tinggi Amerika Serikat menunjukkan jumlah pengangguran yang mencapai 26 juta hanya dalam lima minggu. Jadi dalam sebulan telah terjadi PHK yang begitu luas,” katanya.