Menko PMK Ingatkan Pentingnya Menjalankan Protokol Kesehatan di Pasar Tradisional

Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy (foto: Instagram)

Reportase.tv, Jakarta – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengapresiasi upaya mengembalikan aktivitas pasar tradisional. Menurutnya, fungsi pasar tradisional berperan penting dalam menggerakkan ekonomi di Indonesia.

“Saya sangat mengapresiasi Gubernur, Wali Kota, yang telah memberikan prioritas dan secara sungguh-sungguh memfungsikan kembali dan menggairahkan kembali pasar-pasar tradisional,” ujar Muhadjir dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (20/6).

Pasar tradisional, kata Muhadjir, harus bergerak di tengah masa new normal pandemi Covid-19. Pasalnya, pasar merupakan penopang ekonomi untuk usaha mikro dan kecil.

“Sehingga kalau pasar tradisional ini bisa hidup dan aman dari Covid, Insya Allah gairah ekonomi akan segera terwujud. Kalau kita terus kerja keras maka kita akan bisa mengatasinya,” katanya.

Meski mengapresiasi pembukaan pasar tradisional, namun Muhadjir kembali mengingatkan soal pentingnya protokol kesehatan. Hal ini penting dijalankan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19.

“Musim Covid-19 ini bagaimanapun harus dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk merekonstruksi, serta mentransformasi Indonesia menjadi lebih baik,” jelasnya.