Nekat Mau Mudik, 1.689 Kendaraan Dipaksa Putar Balik

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus (foto: Reportase.tv/Tri Setyo)

Reportase.tv, Jakarta – Ditlantas Polda Metro Jaya mulai melaksanakan Operasi Ketupat mulai Jumat (24/4) pukul 00.00 WIB. Hasilnya sebanyak 1.689 unit kenderaan terjaring razia dan diminta putar balik di Tol Bitung dan Tol Cikarang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, ribuan kendaraan tersebut hendak ke luar melalui Pintu Tol Bitung arah Merak dan Pintu Tol Cikarang Barat arah Jawa Barat. Berbeda dengan tahun sebelumnya, Operasi Ketupat kali ini juga mengantisipasi masyarakat yang mudik, dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

“Di Pospam Tol Bitung kendaraan yang dialihkan 681 unit dan Pospam Cikarang Barat kendaraan yang dialihkan ke Jakarta 1008 unit,” ujar Yusri melalui keterangan tertulisnya, Sabtu (25/4).

Di pos pengamanan tol Bitung, sambung Yusri, sebanyak 681 unit diminta putar balik. Dari jumlah tersebut, sebanyak 375 unit kendaraan pribadi dan 306 angkutan umum.

“Sedangkan di Tol Pospam Cikarang 1.008 unit, dengan rincian kendaraan pribadi 706 unit dan kendaraan umum, bis, dan travel 302 unit,” paparnya.

Seperti diketahui, pemerintah menginstruksikan untuk melarang mudik pada masa Ramadan dan Idul Fitri 1441 Hijriah. Langkah ini diambil agar penyebaran virus Covid-19 tidak semakin meluas.