Oknum Polisi Minta Uang ke Turis Jepang, Mabes: Sudah Diberi Sanksi

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Sebuah video dugaan pungli yang dilakukan oknum anggota polisi beredar di sosial media. Belakangan diketahui keduanya merupakan anggota Polsek Pekutatan, Jembrana, Bali, berinisial Aipda MW dan Bripka PJ.

Keduanya tertangkap kamera tengah meminta uang Rp 1 juta kepada turis asal Jepang, saat turis tersebut berkendara di Bali.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengatakan, Polri tidak akan mentoleransi jika ada anggotanya yang merusak nama institusi Tribrata tersebut. Oleh karenanya, keduanya telah diberikan sanksi tegas.

Terkait hal tersebut, Argo mewakili Polri meminta maaf kepada masyarakat. Ia juga mengimbau masyarakat agar melapor jika menemukan ada pelanggaran yang dilakukan anggota Polri.

“Untuk masyarakat silakan saja melaporkan, manakala ada tindakan oknum seperti di Jembrana,” ujar Argo di Mabes Polri, Jakarta, Jumat (21/8).

Seperti diketahui, Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa mengatakan, peristiwa tersebut terjadi tahun lalu di Jalan Denpasar-Gilimanuk. Keduanya juga telah diperiksa Propam Polres Jembrana.

“Keduanya merupakan anggota Polsek Pekutatan, Polres Jembrana. Sementara yang bersangkutan sudah mengakui kejadiannya itu di tahun 2019,” kata Ketut, Kamis (20/8).