Pandemi Corona, Tradisi Ziarah ke Makam Bung Karno Tetap Dilaksanakan

Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat menyebut tradisi ziarah ke makam Presiden Pertama RI Soekarno akan tetap digelar. Seperti diketahui, pada bulan Juni atau disebut Bulan Bung Karno, biasanya akan diadakan tradisi ziarah ke makam proklamator tersebut di Blitar, Jawa Timur.

Namun diakui Djarot, akan terdapat perbedaan dalam melakukan ziarah ke makam Bung Karno di masa pandemi Corona seperti saat ini. Biasanya digelar 3 acara besar di bulan Juni yakni Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni, hari lahir Bung Karno, 6 Juni, dan hari wafatnya Bung Karno, 21 Juni.

Oleh karena itu, kata Djarot, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemkot Blitar untuk mengantisipasi kedatangan para peziarah. Sehingga ada pembatasan kunjungan ziarah saat Bulan Bung Karo kali ini.

“Kami sudah berkoordinasi dengan teman-teman di Blitar. Maka di Blitar akan diadakan tanggal 6 juni tetapi dengan protokol Covid-19 dengan tidak melibatkan banyak orang tentunya,” ujar Djarot di kantor DPP PDI Perjuangan, Rabu (27/5).

Untuk para pengagum Bung Karno, Djarot berpesan, untuk tidak memaksakan diri untuk ziarah ke Blitar. Apalagi rencananya kegiatan yang dilaksanakan di makam Bung Karno akan disiarkan secara virtual.

“Tiga acara itu saya pikir tetap berlangsung di Blitar dengan kemasan yang baru, baik secara fisik maupun virtual,” katanya.