Panel Listrik PN Stabat Terbakar, Pegawai Berlarian Keluar Gedung

Boks sirkuit listrik dibagian depan gedung Pengadilan Negeri Stabat Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tiba-tiba terbakar
Boks sirkuit listrik dibagian depan gedung Pengadilan Negeri Stabat Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tiba-tiba terbakar

Reportase.tv Langkat – Kepanikan sempat terjadi di Pengadilan Negeri (PN) Stabat Jalan Proklamasi, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Selasa (21/9/2021). Baik pegawai dan pengunjung sempat berlari keluar gedung.

Hal ini diakibatkan boks sirkuit (Panel) listrik dibagian depan gedung tiba-tiba terbakar. Beruntung, kepulan asap disertai api yang muncul dapat segera dipadamkan oleh pegawai dengan menggunakan alat pemadam api ringan (APAR).

Mobil pemadam diturunkan mamastikan api benar-benar padam, akibat peristiwa itu sebagian plafon gedung terlihat menghitam akibat percikan disertai api. Tidak hanya itu, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 08.30 WIB. Mengakibatkan pelayanan di PN mengalami gangguan.

Sementara, mobil pemadam kebakaran terlihat turun guna mengantisipasi dan memastikan api benar-benar padam. “Ramai tadi, karena kepulan asap dan api sempat membakar panel,” kata Rusdi, salah seorang warga yang berada di lokasi.

Setelah api dipastikan telah padam, petugas Perusahaan Listrik Negara (PLN) tiba di lokasi. Mereka memeriksa panel yang terbakar dan memperbaiki serta mengganti kabel yang terbakar. “Memang ada beberapa kabel tegangan tinggi terbakar, makanya ini segera kita perbaiki dan menggantinya,” kata petugas PLN.

Dirinya menduga, api disertai kepulan asap yang muncul dalam panel akibat arus pendek. “Dugaan sementara seperti itu, sabar ya bang. Kami perbaiki ini dulu, nanti saya kabari perkembangan selanjutnya,” pinta dia.

Humas Pengadilan Negeri (PN) Stabat Maria CN Barus SH MH mengakui, peristiwa tersebut terjadi pagi disaat pegawai sedang menjalankan aktifitas seperti biasa. Tiba-tiba muncul kepulan asap dan api. Lalu petugas dengan sigap memadamkan api. “Api tidak sampai besar, karena petugas didepan mengetahui dan langsung memadamkan api,” kata Maria.

Dirinya juga mengakui, pihaknya langsung memanggil petugas pemadam dan PLN. “Kita ingin memastikan api benar-benar padam. Sejauh ini PLN, sudah memperbaiki kerusakan yang terjadi dan persidangan dan aktifitas di PN sudah kembali normal,” tegas dia. (prb)