Pemkab Banjarnegara Dan ADB Mendukung Pengembangan Geo Dipa

Pemkab Banjarnegara Dan ADB Mendukung Pengembangan Geo Dipa.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Pelaksana Harian (Plh) Bupati Banjarnegara, Syamsudin, menerima Koordinator Program Energi Indonesia, Asian Development Bank (ADB), Florian Kitt, beserta Direktur Utama PT Geo Dipa Energi (Persero) Riki Firmandha Ibrahim, di Rumah Dinas Bupati Banjarnegara (10/03/2022).

Pertemuan tersebut juga dihadiri Kodim 0704 Banjarnegara, Sekertaris Daerah, Inspektur Daerah, Kepala Bagian Operasi Polres Banjarnegara dan Asisten Sekretaris Daerah.

Sementara dari GeoDipa selain direktur utama juga dihadiri General Manager Proyek serta Manajer Proyek Dieng.

Pertemuan tersebut membahas mengenai pengembangan energi panas bumi yang tengah dilakukan oleh GeoDipa.

“Kami akan membantu sebisa kami agar program nasional pemanfaatan sumber daya alam yang ada di Dataran Tinggi Dieng, Geothermal, bisa bermanfaat untuk negeri ini,” kata Syamsudin kepada media.

Ia mengatakan pengambangan panas bumi di Banjarnegara juga perlu sejalan dengan pengembangan pembangunan di Banjarnegara.

“Kami ingin agar Banjarnegara bisa ikut merasakan potensi yang ada di Banjarnegara termasuk dari kepemanfaatan panas bumi. Kami berkomitmen untuk membantu walaupun nanti lewat jalur dimana kami bisa melakukan pekerjaan itu.” tambahnya.

Sementara Direktur Utama GeoDipa Riki Firmandha Ibrahim  mengatakan, pihak perusahaan siap membantu memajukan Banjarnegara, khususnya masyarakat Dieng yang sudah menjadi bagian dari rencana pengembangan perusahaan.

“Kami senang mendapatkan dukungan penuh dari Pemda, saya yakin melalui komunikasi yang baik dengan pemerintah daerah maupun dengan ADB siap untuk memajukan Geothermal dan Banjarnegara,” kata Riki

Ia juga berharap komunikasi dengan pihak pihak terkait di Banjarnegara  dapat berlangsung terus hingga pengembangan Panas Bumi di Dieng dapat secara optimal dilakukan sesuai dengan potensinya yaitu 400 MW.

Hal senada juga disampaikan Perwakilan ADB, Florian Kitt, yang berjanji untuk terus memastikan pengembangan panas bumi di Dieng dapat berjalan sesuai waktu yang ditentukan.

Pihaknya akan menyelesaikan semua pekerjaan tepat waktu sesuai dengan jadwal yang ditentukan, serta membina hubungan yang bermanfaat ini.

Florian menambahkan semangat kerjasama dengan berbagai pihak sesuai dengan misi lembaganya untuk membangun infrastruktur yang mumpuni bagi pengembangan Indonesia secara umum maupun Banjarnegara secara khusus.

“Kami akan senang jika bisa membantu pembangunan di Banjarnegara ini,  ADB memang ingin memastikan bahwa pembangunan infrastruktur yang baik di Banjarnegara ini tidak bisa terlaksana dengan baik tanpa bantuan dari semua pihak,” jelasnya

Menurutnya dengan komunikasi yang baik dengan Pemerintah daerah akan dapat membuka peluang kerjasama baru baik dibidang energi maupun dalam program lain yang dapat didukung oleh ADB seperti penerangan, agrikultur dan irigasi.

“ADB tidak hanya di bidang energi tetapi juga bidang lain seperti transportasi, dan smart city. Bapak-bapak yang selaku pemimpin daerah dan perusahaan bisa mendiskusikannya dengan Kementerian ESDM,” lanjutnya

Florin juga menjelaskan jika pemda mengajukan permintaan formal ke Kementerian ESDM, ADB akan  membantu program seperti program seperti penerangan jalan.(Anhar)