Pemkab Banjarnegara Gencarkan RAPID Tes Massal, Pasar Tradisional Jadi Sasaran

Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Banjarnegara melakukan tes diagnosis cepat RAPID -19 di Kecamatan Karangkobar, Banjarnegara.(foto/m.anhar)

Reportase.tv.Banjarnegara – Pemerintah Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah  melalui  Satuan Gugus Tugas Penanganan Covid-19, terus menggelar rapid test massal. Tes diagnostik cepat COVID-19 (Rapid Test) dilaksanakan di sejumlah Pasar Tradisional dan Pusat Perbelanjaan,  yang masih ramai dikunjungi warga untuk berbelanja dalam suasana lebaran.

“Hari ini kita lakukan kepada para pedagang pasar di Kecamatan Karangkobar, kemarin di Pasar Mandiraja, kita akan terus menggelar tes diagnosis secara mendadak di tempat fasilitas umum yang rawan dengan kerumunan masyarakat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Banjarnegara dr. Ahmad Setiawan usai RAPID Test di pasar Karangkobar Rabu (27/5/2020).

Tes diagnostik cepat COVID-19 (Rapid Test) di Pasar Karangkobar melibatkan petugas dari Dinas Kesehatan, Puskesmas Karangkobar, Forkompinca dan sejumlah relawan dari ormas.

Selain melakukan tes, tim juga memberikan sosialisasi terkait protokol kesehatan kepada pengunjung pasar dengan pegeras suara.

Seperti diketahui sejak seminggu menjelang idul Fitri aktivitas di pusat perekonomian meningkat, terutama di pasar tradisional dan pusat perbelanjaan, dan pasar karangkobar termasuk pasar yang ramai.

“RAPID test yang dilakukan diharapkan akan mampu mendeteksi persebaran virus corona di wilayah Kecamatan Karangkobar,” lanjut Ahmad

Sementara Sekcam Karangkobar Sagiyo Arsadiwirya menjelaskan,  dalam dua minggu terakhir terjadi peningkatan kegiatan keramaian di tempat umum, terutama di pasar.

Banyak para pedagang dan pengunjung  yang tidak memakai masker dan mengabaikan protokol kesehatan.

“Kami terus memantau kondisi di pasar sambil memberikan sosialisasi, bagi mereka yang tidak mematuhi anjuran memakai masker, kami suruh  pulang mengambil atau membeli masker, selain itu protokol kesehatan kami minta untuk  diterapkan” katanya.

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono yang juga ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Banjarnegara mengatakan, tim gugus tugas COVID-19 secara intens akan menggelar RAPID test di sejumlah fasilitas umum yang dikunjungi banyak warga, salah satunya pasar tradisional.

Langkah ini sebagai upaya untuk melakukan sampling sekaligus pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan yang ramai, terutama menjelang diberlakukannya ‘New Normal’ oleh Pemerintah Pusat.

“Pemerintah berencana memberlakukan new normal, kita harus cepat menyesuaikan, beradaptasi dengan pola hidup baru. Kita tidak boleh lengah,” kata Budhi yang intens mengikuti kegiatan RAPID tes di sejumlah tempat.

Budhi menambahkan, menjelang new normal, pihaknya akan terus melakukan RAPID test bersamaan dengan pembagian masker dan sosialisasi hidup sehat.

Berdasarkan data dari gugus tugas COVID-19 Banjarnegara, saat ini  angka kasus COVID-19 di Banjarnegara berjumlah 38 orang. 22 orang telah dinyatakan sembuh dan 14 orang masih dalam perawatan.  Sedangkan 11 orang dengan RAPID TEST reaktif  sedang menunggu hasil SWAB.  <ahr>