Penerbit Erlangga Berikan Beasiswa Pendidikan Untuk Terdampak Pandemi Covid-19

Foto pemberian beasiswa pendidikan dari Penerbit Erlangga kepada siswa terdampak covid-19
Foto pemberian beasiswa pendidikan dari Penerbit Erlangga kepada siswa terdampak covid-19

Reportase.tv Surabaya – Penerbit Erlangga kembali menunjukkan kepedulian sosialnya kepada masyarakat yang membutuhkan uluran tangan melalui program corporate social responbillity (CSR) Solidaritas Erlangga (SoGa)

Kali ini program tersebut, memberikan bantuan beasiswa pendidikan kepada dua orang murid di Kota Surabaya yang terdampak situasi pandemi, dimana orangtuanya meninggal dunia akibat terpapar covid-19.

Kedua murid tersebut adalah, Anindita Alisha Zahra, siswi kelas 3 SD Labschool Unesa Ketintang Surabaya dan Arya Dimas Saputra, siswa kelas 5 di SD Bina Karya Surabaya.

Kepala HRD Penerbit Erlangga Cabang Surabaya, Endang LW mengatakan, aksi Solidaritas Erlangga (SoGa) kali ini merupakan bentuk keprihatinan dan kepedulian pihaknya, terhadap situasi pandemi covid-19 yang terjadi di Kota Surabaya selama kurun waktu dua tahun ini.

“Bentuk kepedulian kami melalui CSR sebetulnya tidak hanya dalam hal pemberian beasiswa pendidikan kali ini saja. Tapi juga kami telah melakukan beragam kegiatan sosial lainnya, seperti para pekerja kesehatan di rumah sakit dan puskesmas, termasuk penyemprotan disinfektan, pemberian APD dan masker bagi masyarakat sekitar yang telah berlangsung sejak tahun 2019 lalu,” ujar Endang saat ditemui usai kegiatan di Kantor Penerbit Erlangga, Surabaya, Kamis 20/1/2022.

Terkait sasaran penerima bantuan beasiswa pendidikan CSR ini lanjutnya, telah melalui proses seleksi, verifikasi dan validasi secara langsung terhadap kondisi dari kedua murid tersebut.

Endang juga menjelaskan terkait pemberian beasiswa tersebut, “data para siswa/siswi penerima bantuan ini diperoleh dari data survey turun langsung ke lapangan, untuk memastikan kondisi dan situasi lingkungan dari anak-anak yang terdampak pandemi covid-19 itu, baik ke sekolah maupun kondisi dari domisili yang bersangkutan. Jadi kami pastikan seleksi yang dilakukan adalah hasil objektif,” ujarnya.

Pihaknya juga berharap dengan pemberian bantuan beasiswa pendidikan ini dapat memberikan manfaat bagi para penerima, khususnya untuk tetap dapat melanjutkan pendidikannya dan mengejar cita-citanya sebagai guru untuk Anindita dan menjadi seorang polisi bagi ananda Arya, meskipun ditengah situasi sulit akibat pandemi covid-19.

Sehingga, kelak begitu situasi pandemi covid-19 di Indonesia berakhir, proses pendidikan dapat kembali berlangsung normal, termasuk meningkatnya minat baca anak Indonesia melalui buku-buku berkualitas yang terus dihasilkan Penerbit Erlangga.

Penerima tahap awal untuk SD, SMP dan SMA dengan total 64 sekolah di wilayah cabang se indonesia, “meskipun di gelombang pertama ini di wilayah penerbit erlangga cabang surabaya baru dua siswa SD yang kami berikan bantuan, namun hal ini merupakan awal yang baik. Kedepan, kami berharap program SoGa berbagi dengan sesama ini, dapat terus berlanjut dan memberikan manfaat lebih luas, bukan hanya bagi murid SD, tapi juga SMP, SMA dan lainnya, termasuk peningkatan secara jumlah. Jadi jangan sampai dengan pandemi ini membuat pendidikan mereka terputus, dan tetap bersemangat mengejar cita-citanya,” kata Endang.

Dalam kesempatan yang sama, perwakilan wali siswa dan dari kedua sekolah mengaku bahagia dengan hadirnya bantuan Beasiswa Pendidikan yang diberikan Penerbit Erlangga kepada para murid yang benar-benar membutuhkan uluran bantuan untuk terus melanjutkan proses pendidikan serta mengejar mimpi dan cita-citanya di masa depan,”kegiatan seperti ini (CSR) yang dilakukan Penerbit Erlangga merupakan tindakan nyata yang sangat luar biasa dan harus disampaikan kepada masyarakat luas. Karena bentuk perhatian dan bantuan seperti inilah yang kami harapkan dari semua pihak, termasuk pemerintah,” ujarnya dalam kesempatan yang sama.

Ia berharap, dengan terus memberikan kepedulian seperti ini, membuat Penerbit Erlangga menjadi perusahaan yang semakin dikenal dan bermanfaat bagi masyarakat dan umat di Indonesia, khususnya Kota Surabaya, “mudah-mudahan program sosial seperti ini dapat terus dilaksanakan setiap tahun, dan memberikan keberkahan juga kebermanfaatan bagi masyarakat luas, khususnya dalam upaya memajukan pendidikan di Indonesia, termasuk Kota Surabaya kedepan,” pungkasnya. (Sfy)