Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Proses Pengambilan Keputusan di Era Demokrasi

Reportase.tv, Banyumas – Pada masa Reses I Tahun Sidang 2020-2021, Sidi, SS., MSi, Komisi E Anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah, menyerap berbagai aspirasi dari masyarakat di Daerah Pemilihan Dapil Jateng 11 (Kabupaten Cilacap, Banyumas) yang diselenggarakan pada 14-21 November 2020. Bertempat di Aula Rumah Makan Tirta Gading, Wangon Kabupaten Banyumas Minggu (15/11/2020).

Reses mengambil tema, Peningkatan Partisipasi Perempuan Dalam Proses Pengambilan Keputusan di Era Demokrasi.

Dihadiri sekitar 50 kader partai golongan karya (Golkar) di wilayah Kabupaten Banyumas. Sejumlah masalah, keluhan, saran, serta curhatan, ditampung oleh anggota dewan yang akrab di panggil Sidi.

Sidi mengatakan dalam reses ini mengumpulkan kelompok-kelompok masyarakat apakah itu petani, pengurus partai Golkar atau pegiat-pegiat aktivis perempuan serta aktifis pemuda di wilayah Kabupaten Cilacap. Kita juga melakukan penyadaran kepada kelompok emak-emak agar mereka bisa berpartisipasi aktif dalam peran-peran di lingkunganya karena peran wanita sangat dibutuhkan.

Sidi menambahkan, Jumlah wanita saat ini di indonesia itu jumlah pemilih lebih banyak dari aisi politik dan fakta agama arah perkembangan dari ibunya atau perempuan itu sendiri. Sehingga dari sisi itu pemahaman secara kultural itu penguatan-penguatan dalam bentuk pengaturan atau legislasi itu betul-betul ada upaya lebih masif seperti upaya perlindungan kepada perempuan atau anak yang selama ini banyak kekerasan baik terhadap pengaturan yang sudah ada undang-undangnya kita perkuat sosialisasi lebih masif. Jika ada kekurangan aturan perundangan, Kedepan bisa di usulkan perbaikan-perbaikan kepada DPR RI mau pun kepada DPRD Provinsi terkait perlindungan perempuan dan anak.

“Disit lain juga melakukan pengawalan kepada kelompok tani terkait kelangkaan pupuk dimasa tanam serta memberikan solusi dengan cara gendu-gendi rasa untuk menawarkan pupuk organik untuk menyelesaikan. Persoalan kelangkaan pupuk Upaya lain mengenai peran pemuda ada kegiatan di wilayah Sampang Kabupaten Cilacap ada kegiatan kewirausahaan kaum muda, sekarang generasi milenial nanti jumlahnya sudah hampir 60 persen di tahun 2024 dari jumlah penduduk Indonesia. Sehingga penting mereka diberikan pemahaman, kesadaran peran peran mereka kedepan untuk indonesia khususnya diwilayah banyumas-cilacap.” Pungkasnya

Pria kelahiran wangon ini berpesan, di tengah pandemi Covid-19, tetap melaksanakan tiga M cuci tangan pakai sabun, pakai masker dan hindari kerumunan untuk mencegah penyebaran wabah korona. Marilah kita kawal bersama pemerintah memulihkan kesehatan kita dan membangkitkan Ekonomi kita sehingga kita semakin jaya di era globalisasi. (kus)