Peringati HUT ke-75 Republik Indonesia, PUB Gelar Donor Darah dan Pembekalan

Acara donor darah dan pembekalan PUB, Rabu (19/8), (foto: Ist)

Reportase.tv, Serang – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-75, Perkumpulan Urang Banten (PUB) menggelar donor darah yang dilakukan oleh pengurus dan anggota, sekaligus Pembekalan bagi anggota PUB. Acara ini dilaksanakan di kawasan Wisata Halal Baduy Outbound, Kabupaten Serang, Banten, Rabu (19/8).

Wakil Ketua Umum PUB Bidang Anggaran, Hasan Gaido mengatakan, kegiatan yang digelar merupakan bentuk kepedulian terhadap sesama. Darah yang didonorkan PUB nantinya akan disumbangkan bagi yang membutuhkan.

“Kegiatan ini sekaligus simbol perjuangan bahwa kemerdekaan diraih dengan darah dan nyawa para pejuang bangsa ini termasuk para pahlawan dari Banten. Maka kami pengurus PUB diwajibkan untuk mendonorkan darahnnya, setetes Darah PUB untuk Indonesia. Alhamdulilah peserta yang hadir ada 225 orang,” jelasnya.

Kegiatan donor darah ini, kata Hasan, dilakukan bersama PMI sebelum acara pembekalan pengurus PUB, dan dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Umum Bidang Kesehatan dr Ade Mirza.

“Pembekalan ini juga sebagai ajang silahturahmi kepada pengurus PUB yang ada di 8 kabupaten/kota untuk diskusi bagaimana Banten lebih baik dan sejahtera sesuai visi PUB, dan menghilangkan stigma negatif tentang Banten,” jelasnya.

Selain dikenal sebagai tanah jawara, sambung Hasan, Banten juga memiliki potensi usaha yang luar biasa sebagai Provinsi yang berdekatan dengan Ibu Kota Jakarta. Hal ini sesuai dengan visi PUB, yakni menjadi Banten Baru, Banten Bangkit, Banten Juara dan masyrakatnya sejahtera dengan bingkai iman dan taqwa.

“Mulai dari potensi ekonomi, kebutuhan pangan sampai budaya dan pariwisata yang dimiliki Banten, kita ketahui Bandara Internasional Soeta terletak di Banten. Kemudian pariwisata menarik juga ada di Banten,” pungkasnya.

Acara pembekalan sendiri disampaikan langsung oleh Ketua Umum PUB, Irjen Pol. (Purn) Taufiqurohman Ruki dan dihadiri oleh beberapa wakil ketua umum antara lain, sekretaris umum, Eden Gunawan, wakil ketua umum bidang anggaran, Muhamad Hasan Gaido, wakil ketua umum bidang organisasi, Embay Mulya Syarif, wakil ketua umum bidang budaya, Tb Nazib,
wakil ketua umum bidang ekonomi, Rizkullah, wakil ketua umum bidang pemuda dan ormas, Iyus Yusuf, wakil ketua umum bidang penanganan bencana, Yayat Hidayat, wakil ketua umum bidang sosial dan agama, Anang Rahmatullah, dan wakil ketua umum bidang kesehatan, Ade Mirza.

Dalam kesempatan tersebut, Taufiqurohman Ruki berharap, para ketua dan pengurus cabang PUB dapat membawa kepengurusan dengan baik. Sehingga wajib bagi pengurus untuk tidak membawa kepentingan pribadi, dan berdidikasi tinggi untuk membawa kemajuan Perkumpulan Urang Banten.

“Jadilah Urang Banten Kabula Kabale Kabalandongan sesuai visi PUB banten Baru, Banten Bangkit, Banten Juara dan masyarakat nya sejahtera dengan bingkai iman dan taqwa,” ucapnya.

Setelah 8 kabupaten dan kota se-Banten terbentuk kepengurusan, Taufiqurohman Ruki berharap para pengurus dapat memahami tugas dan fungsi organisasi. Setelah itu PUB Pusat akan melangkah membentuk perwakilan di kota-kota besar di Indonesia.

“Saat ini yang sudah siap di antaranya, Bandung Raya, Lampung, Batam, Jakarta, Bogor dan sekitarnya. Setelah itu kita akan membuka perwakilan di luar negeri yang saat ini sudah siap di Australia. Amerika, Saudi Arabia dan UAE,” jelasnya.

Ditegaskan Taufiqurohman Ruki, PUB merupakan Rumah Urang Banten. Yang dimaksud urang Banten ialah yang lahir di Banten dan tinggal di Banten, Urang Banten yang lahir di Banten tinggal di luar Banten dan bukan keturunan dari Urang Banten tapi tinggal di Banten.

“Perkumpulan Urang Banten mensinergikan semua potensi Banten mulai dari akademisi, bisnis, government dan community sehingga PUB mengawal program program pemerintah. Saat ini PUB sedang fukos bersinergi dengan Pemprov Banten dalam program ketahanan pangan, pembuatan Flashmob Banten Tanah Jawara dan pembentukan Komite Daerah Ekonomi dan keuangan Syariah,” tandasnya.