Pertumbuhan Corona Tinggi, Presiden Instruksikan Menkes Perhatikan Jawa Timur

Presiden Joko Widodo (foto: Ist)

Reportase.tv, Jakarta – Presiden Joko Widodo meminta Gugus Tugas percepatan penanganan Covid-19 dan Kementerian Kesehatan memperhatikan daerah dengan penyebaran Covid-19 yang tinggi. Salah satunya adalah Jawa Timur, yang memiliki angka pertumbuhan corona yang tinggi.

“Saya ingin gugus tugas dan kementerian fokus pada provinsi yang memiliki kasus barunya cukup tinggi. Di Jawa agak dibantu diberikan dukungan penuh untuk Provinsi Jawa Timur,” ujar Jokowi di Jakarta, Rabu (27/5).

Oleh karenanya, Presiden juga memerintahkan jajarannya untuk kesiapan infrastruktur agar dapat menekan angka persebaran corona di Jawa Timur. Salah satu yang harus disiapkan dengan segera adalah rumah sakit darurat.

“Pak Menkes juga ketua gugus betul-betul saya minta Jawa Timur jadi perhatian. Kemudian dengan percepatan uji sampel, pelacakan yang terpapar, betul-betul dilakukan pengendalian,” katanya.

Selain di Jawa, sambung Jokowi, banyak daerah dengan tingkat pertumbuhan corona tinggi. Wilayah-wilayah tersebut juga harus diperhatikan sarana dan infrastrukturnya.

“Termasuk juga provinsi lain di luar Jawa yang penambahannya msh cukup tinggi, yaitu di Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan, Sumatera Selatan, di Papua, NTB,” jelasnya.

Lebih jauh mantan Gubernur DKI Jakarta ini mengingatkan agar jumlah uji spesimen dapat terus ditingkatkan. Sehingga diharapkan ada penurunan signifikan persebaran corona di Indonesia.

“Uji spesimen 10 ribu perhari yang sudah saya berikan target agak dikejar. Sehingga betul-betul ada sebuah kecepatan,” pungkasnya.