Petugas Patroli Lanal Batam Amankan Ribuan HP Ilegal

BATAM, REPORTASE.TV – Petugas Patroli Angkatan Laut Lanal Batam berhasil mengamankan 6.960 telepon genggam ilegal di perairan Labun, Kecamatan Belakang Padang, Batam, Kepulauan Riau, Rabu (8/11/2017).

Barang selundupan senilai Rp10 miliar  ini diduga berasal dari negara Singapura. Terungkapnya jaringan penyelundupan ribuan ponsel ini berawal  ketika petugas Lanal Batam sedang melakukan patroli rutin. Tiba-tiba,  petugas melihat objek kapal speedboat yang dipacu dengan kecepatan tinggi. Karena curiga, petugas pun melakukan pengejaran.

Tak lama, petugas menemukan speedboat tersebut merapat di sebuah pulau kecil dalam keadaan muatan kosong. Setelah dilakukan pemeriksaan, dan menyisir hutan, petugas menemukan 348 kardus yang berisi ribuan ponsel.

“Petugas langsung melakukan penyisiran dan menemukan kapal serta barang bukti dari penyelundupan, berhasil mengamankan 348 kardus berisi puluhan handpone merek Xiome. Di Pulau Labun itu petugas tidak menemukan para pelaku. Diduga pelaku sudah melarikan diri saat dikejar oleh petugas,” jelas Kolonel Ivong Wibowo, Danlanal Kota Batam.

Guna penyelidikan lebih lanjut, barang ilegal tersebut diamankan di Mako Lanal Batam.(Adj)