Pj Bupati Banjarnegara Meminta Masyarakat Tetap Tenang dan Waspada Berkaitan Dengan Aktifitas Gunung Api Dieng

Pj Bupati Banjarnegara meninjau Sekitar Lokasi Gunung Api Dieng yang sempat terjadi peningkatan aktifitas beberapa waktu lalu. waktu lalu.(foto/doc)

Reportase.tv, Banjarnegara – Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso Widirahmanto menghimbau masyarakat tetap tenang dan waspada, tidak  terpancing Isyu yang tidak benar terkait aktivitas gunung api Dieng.

Sebelumnya berdasarkan release dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral tanggal 16 Januari 2023 aktivitasnya terjadi peningkatan gas CO2, sejak tanggal 15 januari  lalu.

Penjabat Bupati Banjarnegara Tri Harso mengatakan, berdasarkan laporan dari Pusat Vulkanologi dan mitigasi bencana badan geologi ada peningkatan aktivitas di gunung Dieng yang semula pada level satu menjadi level dua atau waspada.

“Terkait dengan hal tersebut dihimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan waspada, tidak mendekati dan beraktivitas di sekitar kawah Timbang dan kawah Sileri dalam jarak 500 meter hingga radius 1000 meter,” kata Tri Harso kepada media Kamis (19/1/2023).

Tri Harso berharap kepada seluruh masyarakat untuk  tenang, tidak panik dan tetap waspada, serta tidak terpancing isyu terkait dengan aktifitas gunung Dieng dan selalu mengikuti arahan dari BPBD, sumber informasi yang akurat dari  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Badan Geologi, BMKG, dan BPBD.

“Sehingga hanya ada satu kebenaran sumber informasi,” harapnya.

Lebih lanjut Tri Harso mengatakan, hingga saat ini BPBD, Desa, TNI, Polri dan relawan  senantiasa melakukan pantauan dan sejauh ini kondisi masih aman.

“Namun dihimbau kepada masyarakat di sekitar kawah TImbang dan Sileri untuk tidak melakukan aktifitas radius 1000 meter dan diharapakan masyarakat yang mau berkatifitas untuk melakukan di siang hari,”katanya.(Ahr13)