Pj Bupati Banjarnegara Road show ke Wilayah, Para Kades Curhat Begini..

Pj Bupati Banjarnegara Road show ke Wilayah, Kunjungannya ke wilayah upaya untuk mendekatkan diri Pemerintah dengan masyarakat .(foto/doc).

Reportase.tv Banjarnegara  – Untuk mendekatkan diri dengan masyarakat Pj Bupati Banjarnegara, Tri Harso Widirahmanto  mengadakan road show ke Kecamatan di wilayah Kabupaten Banjarnegara.

Beberapa Kecamatan sudah di sambanginya, diantaranya Kecamatan Batur, Madukara, dan kecamatan Dawuhan.

Curhatan dari para kades dan masyarakatpun kerap diterima PJ Bupati sebagai bahan masukan untuk kemajuan pembangunan di Kabupaten Banjarnegara.

Pada kunjungannya Selasa (21/6/2022) kemarin, Tri Harso dan rombongan menyambangi para kepala desa (kades) di wilayah Kecamatan Wanayasa,  Acara di gelar secara non formal di Desa Wisata Dawuhan Kecamatan Wanayasa.

Tak pelak, momen tersebut dimanfaatkan para kades di wilayah Kecamatan Wanayasa untuk ‘curhat’ terkait pembangunan di desanya.

Supriyanto, kepala Desa Jatilawang, menginginkan pembangunan dan perbaikan jalan-jalan di desa, mengingat di beberapa lokasi sudah rusak. Ia juga mempromosikan kesenian kuda kepang modern di desanya yang sedang digandrungi.

“Ada beberapa jalan di desa yang sudah mulai rusak. Mohon perhatian dari Pemerintah Daerah. Selain itu tak lupa kami juga punya kesenian kuda kepang modern, jika ada momen penting di kabupaten siap ditampilkan,” katanya.

Lain lagi pendapat dari anggota BPD dari Desa Wanayasa, Kecamatan Wanayasa, bernama Salafudin. Ia mengusulkan, agar ada perhatian untuk ketua RT di desa. Menurutnya, ketua RT sering sekali diberikan tugas banyak tetapi timbal baliknya terlalu sedikit atau bahkan tidak ada.

Menurutnya, ketua RT adalah pejabat di tingkat desa yang paling rendah tapi paling repot. Misalnya ketika ada pembentukan kepanitiaan HUT RI, maka mereka yang paling bawah untuk menarik dana dari masyarakat kemudian ketika dana nya kurang maka mereka juga harus tombok.

“Nah, apakah ada payung hukum agar para ketua RT juga diberi kesejahteraan yang lebih baik dari pada saat ini,”ujarnya

Menanggapi komentar para kades tersebut, Pj Bupati Tri Harso, akan menampung masukan-masukan tersebut untuk kemajuan pembangunan. Tri Harso mengatakan bahwa kebijakan seperti itu bisa diatasi dengan pemanfaatan dana desa.

“Untuk kesejahteraan Ketua RT, Silakan para pemangku kebijakan di tingkat desa, hal seperti ini bisa dimusyawarahkan. Kades dan perangkatnya harus meningkatkan kemampuan dan pengetahuannya agar pengelolaan dana desa bisa tepat sasaran, dan tidak kerap menjadi masalah dikarenakan kurangnya informasi yang didapat masyarakat,” katanya

Tri Harso juga meminta para kades di Kecamatan Wanayasa untuk kompak dan bersinergi mendukung program-program pemerintah agar pembangunan yang sedang dan akan dilakukan bisa berjalan lancar serta memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

Sementara berkaitan dengan jalan-jalan di Kabupaten yang sudah mulai rusak, Kepala DPUPR Banjarnegara, Yusuf Tri Winarsono, mengaku sudah melakukan inventarisir jalan untuk memudahkan penanganan dan penganggaran.

“Kami akan inventarisir, mungkin beberapa jalan akan alih status misal dari jalan desa menjadi jalan kabupaten dan sebaliknya. Adapun penganggaran di tahun anggaran 2023,” katanya.

Silaturahmi dengan para kades tersebut dihadiri para kepala OPD, Muspika kecamatan Wanayasa dan para kades dari 17 desa di Kecamatan Wanayasa.

Pada kesempatan tersebut PJ Bupati dan para kepala OPD juga melakukan penebaran bibit ikan di Sungai Merawu sebagai upaya pelestarian ekositem di sungai tersebut.(anhar)