PMI dan BAZNAS Salurkan Bantuan Sosial Korban Longsor Gumelem Kulon

Petugas PMI Banjarnegara menyerahkan bantuan bencana kepada Kepala Desa Gumelem Kulon.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Untuk meringankan beban para korban bencana alam di Desa Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Banjarnegara, Jawa Tengah  Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara menyalurkan bantuan kepada korban terdampak longsor. Bantuan Sosial tersebut merupakan kerja sama dengan Baznas Kabupaten Banjarnegara.

Ketua PMI Kabupaten Banjarnegara Amelia Desiana mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan wujud komitmen pemerintah dalam menggandeng berbagai element untuk bersama sama berkarya dan bersinergi demi kemanusiaan.

“Apa yang kami lakukan dan berikan semoga dapat bermanfaat dalam rangka meringankan beban penderitaan para korban dan berharap untuk dipergunakan dengan bijak sehingga tepat sasaran” katanya Rabu (25/11/2020).

Dalam kesempatan tersebut PMI Banjarnegara bersama Baznas memberikan bantuan sosial senilai 20 Juta Rupiah yang diwujudkan dalam berbagai bahan kebutuhan pokok serta keperluan pembelian bahan material bangunan untuk membangun dan memperbaiki rumah korban terdampak langsung.

Ketua Bidang Penanggulangan Bencana Alam PMI Kabupaten Banjarnegara Andri Sulistyo mengatakan, sebanyak 23 KK korban longsor dan 3 KK yang merupakan terdampak langsung yang diketahui setelah dilakukan assessment awal hingga lanjutan pemenuhan kebutuhan korban.

“Ada 2 KK yang rumahnya mengalami rusak berat mendapatkan bantuan dana masing masing 6,5 jt dan paket sembako, sementara 1 KK yang rumahnya mengalami rusak sedang mendapatkan bantuan 2,4 jt dan paket sembako, sedangkan 23 KK terancam lainya mendapatkan bantuan paket sembako untuk kebutuhan 1 minggu kedepan” lanjutnya

Bantuan diterima langsung oleh Kepala Desa Gumelem Kulon bertempat dibalai desa. Pihaknya berharap respon cepat dan pelayanan serta sinergi dengan berbagai element serta organisasi sosial terus dapat berjalan dengan baik mengingat 80% wilayah Banjarnegara adalah rawan bencana alam yang memerlukan perhatian ekstra dari semua pihak.

Dengan kondisi tersebut PMI Banjarnegara menghimbau kepada masyarakat yang tinggal di daerah rawan longsor untuk tetap eling dan waspada, kenali daerahnya dan lakukan pengungsian mandiri jika ada tanda tanda longsor.

Sementara itu Kepala Desa Gumelem Kulon Arif Machbub menyampaikan rasa terima kasih kepada Baznas dan PMI Banjarnegara yang telah membantu korban bencana longsor Gumelem Kulon dengan harapan semoga dapat bermanfaat terlebih bagi yang rumahnya mengalami kerusakan berat.(ahr)