Pohon tumbang Timpa Truk dan Mobdin di Jalur Pantura Situbondo

Situbondo, Reportase.tv – Hujan deras disertai angin kencang yang melanda kawasan Situbondo, mengakibatkan  sejumlah pohon di Jalur Pantura tumbang.  Bahkan, pohon yang  tumbang melintang di badan jalan aspal di jalur pantura Situbondo.

Akibatnya, arus lalu lintas yang menghubungkan antara Situbondo dengan Banyuwangi sempat macet total, mengakibatkan antrian panjang kendaraan bermotor, baik dari Surabaya maupun dari arah Banyuwangi.

Arus lalu lintas kembali lancar, setelah petugas BPBD Pemkab Situbondo dan Polisi, yang dibantu warga sekitar, berhasil mengevakuasi pohon tumbang yang melintang di Jalur Pantura.

Selain  mengakibatkan  kemacetan namun pohon asam berukuran besar juga menimpa kendaraan truk yang sedang parkir.  Bahkan,  mobil dinas (Mobdin) milik Pemkab Banyuwangi,  yang sedang melintas di Jalan Raya Desa Pesanggrahan  juga menjadi korban.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa pohon tumbang tersebut, meski dua kendaraan yang tertimpa pohon asam itu diketahui mengalami kerusakan berat.

Terparah, kerusakan dialami truk  bernopol DK 8927 XX, yang dikemudikan Irfan (50), warga Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah. Bodi depan truknya ringsek dan kacanya pecah berantakan. Sementara mobil dinas Pemkab Situbondo yang ikut tertimpa hanya mengalami  rusak ringan.

Kapolsek Jangkar, Situbondo Iptu Sadali membenarkan adanya pohon tumbang menimpa truk parkir  dan mobdin milik Pemkab Situbondo yang sedang melintas di Jalur Pantura Situbondo.

“Khusus  truk  baru sekitar 5-10 menit parkir. Jadi sopirnya sudah turun.  Sedangkan  mobil dinas Pemkab Banyuwangi itu dalam perjalanan ke Surabaya, mau rapat. Dua penumpang perempuan langsung saya titipkan bus malam ke Surabaya. Sopir dan mobilnya balik ke Banyuwangi,” ujar Kapolsek Jangkar, Iptu Sadali  Rabu  (23/1/2019).

Sementara itu, Puryono, koordinator Pusdalop BPBD Pemkab Situbondo mengatakan, ada enam  pohon yang tumbang akibat hujan deras yang disertai dengan angin kencang di Jalur Pantura, sehingga untuk mengantisipasi terjadi kemacetan arus lalin yang lebih parah lagi, petugas Pusdalop bersama pihak Kepolisian, TNI, Perhutani, langsung turun melakukan evakuasi pohon tumbang. Arus lalu lintas baru lancar, setelah pohon tumbang berhasil dievakuasi ke tepi jalan.

“Ada enam titik pohon tumbang di sepanjang jalur Pantura Situbondo tadi malam. Sempat mengganggu arus lalu lintas. Kami mengerahkan sejumlah gergaji mesin untuk upaya evakuasi,” kata Puryono.

Enam titik pohon tumbang itu di antaranya di jalan raya Dusun Kembang Sambi Desa Pasir Putih kecamatan Bungatan,  jalan raya Desa Seletreng Kecamatan Kapongan,  jalan raya Desa Lamongan Kecamatan Arjasa, jalan raya Desa Pesanggrahan Kecamatan Jangkar, jalan raya Desa Curah Kalak Kecamatan Jangkar,  dan jalan raya Hutan Baluran Desa Sumberwaru Kecamatan Banyuputih, Situbondo. (fat)