Polda Metro Musnahkan Hampir Setengah Ton Narkoba Hasil Operasi Nila Jaya

Reportase.tv, Jakarta – Ditresnarkoba Polda Metro Jaya bersama Polres jajaran melakukan pemusnahan barang bukti narkoba hasil tangkapan Operasi Nila Jaya 2020. Dalam operasi yang dilaksanakan sejak 19 Oktober hingga 2 November 2020, polisi juga menangkap 330 tersangka.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Nana Sudjana mengatakan, dari 330 tersangka, sebanyak delapan orang merupakan bandar. Sementara 285 orang berstatus pengedar, dan 37 pemakai narkoba.

“Barang bukti yang diungkap yaitu sabu sebanyak 190 kilogram, ekstasi 9.300 butir, ganja 265 kilogram, tembakau gorila 8,16 kilogram, happy five 572 butir dan obat bahaya 193 butir,” papar Nana di Mapolda Metro Jaya, Kamis (12/11).

Pemusnahan barang bukti narkoba, kata Nana, merupakan upaya Polda Metro agar tidak ada celah untuk melakukan penyimpangan. Pemusnahan sendiri dilakukan dengan alat insinerator bersuhu tinggi.

“Sehingga barang bukti narkotika benar-benar habis terbakar, serta tidak menimbulkan efek negatif kepada masyarakat,” ucapnya.

Lebih jauh Nana menjelaskan, tingkat keberhasilan Operasi Nila Jaya 2020 mencapai 79 persen. Namun dalam operasi kali ini tidak ada tersangka yang dilakukan tindakan tegas.

“Pada saat penangkapan bandar, pengedar dan pemakai tidak ada yang diberi tindakan tegas dan terukur,” terangnya.

Selain pemusnahan barang bukti, Kapolda juga memberi penghargaan kepada Kasubdit 1 Narkoba Polda Metro Jaya AKBP Ferry dan Kasatnarkoba Polres Jakarta Barat Kompol Ronaldo Maradona Siregar.

Dalam kegiatan pemusnahan narkoba tersebut dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kepala Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta, Kepala BNNP DKI Jakarta, Ketua MUI DKI Jakarta, Ketua GRANAT, Ketua Umum GERAM.