Polisi Tangkap Sindikat Hipnotis Dalam Angkot

Tiga anggota sindikat hipnotis dalam angkutan umum berhasil dibekuk pihak kepolisian. (Foto; Istimewa)

Reportase.tv Medan – Tim Tekab Polsek Patumbak meringkus tiga orang komplotan pelaku hipnotis modus mengusuk calon korban terhadap penumpang angkutan umum (angkot) di Kota Medan.

Ketiga pelaku yang diringkus terdiri dari dua orang pria yakni Roni Nahot Tobing (68) warga Helvetia dan Marudut Sihombing (40) warga Medan Amplas. Serta seorang wanita Lilianty Purba (38) warga Medan Tuntungan.

Dalam aksinya, komplotan ini berhasil menggasak uang Rp 10 juta milik Eko Saputra Sitanggang (23) warga Perbaungan yang saat itu menumpang Angkot Medan Bus 06 dari Jalan Sisingamangaraja simpang Terminal Amplas Medan.

“Tak lama korban naik ke angkot itu, ketiga pelaku turut naik ke dalam angkot tersebut. Kemudian salah seorang pelaku menanyakan kepada korban apakah korban menderita penyakit, lalu pelaku pura-pura memijat-mijat kaki korban serta menghentak-hentakkannya,”sebut Kanit Reskrim Polsek Patumbak, Iptu Gindo Manurung, Senin (11/5).

Pada saat dikusuk, Gindo mengungkapkan korban merasa seperti dihipnotis dan tidak menyadari bahwa uang dari dalam sakunya telah dicuri oleh pelaku. Selanjutnya, kasusnya dilaporkan ke Polsek Patumbak.

Polisi yang menerima pengaduan tersebut lantas melakukan penyelidikan. Para pelaku akhirnya berhasil diidentifikasi. Para pelaku diringkus secara terpisah di kawasan Jalan Sisingamangaraja.

“Dari tangan para pelaku ditemukan barang bukti uang, cincin emas palsu dan handphone berbagai merek. Lalu, para pelaku dan barang bukti dibawa ke komando untuk proses penyidikan lebih lanjut,” pungkasnya.(Re/Reptv)