Polresta Banyumas Bentuk Kampung Siaga COVID-19

Reportase.tv Purwokerto – Antisipasi penyebaran virus corona di Kabupaten Banyumas, Polresta Banyumas membentuk Kampung Siaga COVID-19. Ada tiga tempat yang dipilih untuk menjadi pertama dalam pemebentukan kampung tersebut, Minggu (12/04/2020).

Tiga tempat tersebut yakni Perumahan Griya Satria RT 2 RW 10, Kelurahan Sumampir dan Kelurahan Purwanegara RT 1, 2, 3 RW 7, keduanya merupakan Kecamatan Purwokerto Utara, kemudian ada juga di Kelurahan Sokanegara RT 1, 2 , 3 dan 4 RW 7. “Untuk saat ini baru tiga tempat, rencana kami seluruh kampung yang ada di Kabupaten Banyumas akan kita buat kampung siaga,” kata Kapolresta Banyumas, Kombes Pol Whisnu Caraka SIk.

Tujuannya jelas, yakni untuk memotivasi masyarakat khususnya Kabupaten Banyumas untuk bisa menjadi Polisi bagi dirinya sendiri, dengan melakukan pencegahan atau antisipasi penyebaran virus COVID-19. “Kalau masyarakat sudah satu suara untuk memulai pemutusan, kami kira penyebaran ini bisa diantisipasi dengan cepat,” kata dia.

Selain itu, pihaknya tidak mau tergesa-gesa membentuk kampung siaga tersebut, karena pembentukan itu, masyarakatnya harus memiliki kesadaran yang tinggi serta ada niatan untuk mengamankan atau melindungi perkampungannya. “Kalau kita meresmikan tetapi masyarakatnya tidak melakukan siaga percuma saja,” ujarnya.

Selain meremikan kampung tersebut, Kapolresta juga membagikan barang-barang untuk pencegahan, seperti alat semprot disinfektan, masker kain, alat galon pencuci tangan, spanduk, serta uang kepada pengurus kampung untuk digunakan dalam kegiatan siaga covid-19.

“Kita juga berikan paket beras kepada orang-orang yang tidak mampu, kemudian kita juga berikan stiker himbauan seperti cara melindungi diri, agar tidak mudah tertular dari virus,” kata dia. (Tata/Ist)