Polri Akan Beri Sanksi Oknum Brimob Pelempar Kucing ke Sungai

Anak kucing (foto: Instagram)

Reportase.tv, Jakarta – Video yang menunjukkan seorang anggota Brimob melempar anak kucing ke sungai viral di media sosial. Dalam video yang berdurasi 13 detik tersebut, terlihat oknum berpakaian Brimob memarahi kucing sebelum melemparnya ke sungai.

Belakangan diketahui oknum Brimob tersebut merupakan Briptu SS, yang bertugas di Polda Sumatera Utara. Diduga Briptu SS kesal lantaran makanannya direbut anak kucing.

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Pol Awi Setiyono mengatakan, peristiwa itu terjadi pada Rabu (30/9) lalu di wilayah Mapolda Sumatera Utara. Pihak Brimob Polda Sumatera Utara juga telah memeriksa Briptu SS.

“Jadi waktu dia makan sore saat dia jaga, makanannya direbut oleh anak kucing itu. Kemudian yang bersangkutan kesal lalu membuang anak kucing itu ke parit. Tidak sadar divideokan oleh temannya,” ujar Awi, Kamis (5/11).

Menurut Awi, apa yang dilakukan Briptu SS tidak pantas dilakukan oleh anggota Polri. Selain itu, Briptu SS juga dinilai telah melanggar Pasal 11 dan Pasal 11 huruf C Peraturan Kapolri Nomor 14/2011 tentang Etika Kepribadian.

Dalam Pasal tersebut dijelaskan bahwa setiap anggota Polri wajib menaati dan menghormati norma kesusilaan agama, kearifan lokal dan norma hukum. Sedangkan apa yang dilakukan Briptu SS diduga telah melanggar norma hukum dan norma agama.

“Hal tersebut tentu dilarang agama dan hukum pun dilarang, tentunya yang bersangkutan akan kami tindak tegas,” pungkasnya.