Profil Lengkap Calon Presiden 2019 Prabowo Subianto

LETJEN TNI (PURN) PRABOWO SUBIANTO

Prabowo  Subianto  adalah  anak  dari  begawan ekonomi, Soemitro Djojohadikusumo, yang menikah dengan Dora Sigar. Apabila ditelusuri lebih jauh, Prabowo  adalah  cucu  dari  Raden  Mas  Margono Djojohadikusumo, pendiri Bank Negara Indonesia (BNI  46)  yang  juga  merupakan  ketua  Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia (DPA-RI) pertama  serta  anggota  Badan  Penyelidik  Usaha Persiapan  Kemerdekaan  Indonesia  (BPUPKI).

Apabila ditelusuri lebih jauh lagi, Prabowo  adalah  keturunan  dari Adipati Mrapat, bupati Kadipaten Banyumas pertama yang salah satu kakek buyutnya adalah Panglima Laskar Diponegoro untuk wilayah Gowong (Kedu),  atau yang lebih dikenal  dengan  nama  Raden Tumenggung  Kertanegara  III.

Garis Keturunan Prabowo Subianto Garis Kerajaan Majapahit Raden Tumenggung Mangkuprojo Garis Kerajaan Mataram Islam Raden Ayu Djojoatmojo

Selaku warga negara yang peduli, pada usia yang sangat muda (16 tahun) Prabowo turut mendirikan lembaga swadaya masyarakat pertama di Indonesia bernama  Lembaga  Pembangunan.  Di  Lembaga Pembangunan, Prabowo bersama Soe Hok Gie, Jusuf Abraham Rawis dan aktivis lainnya mengorganisir mahasiswa  Indonesia  untuk  turut  serta  dalam menjalankan  berbagai  usaha-usaha  kerakyatan diantaranya  pembangunan  infrastruktur  desa.

Selaku  prajurit  KOPASSUS,  Prabowo  berhasil mengamankan Presiden Fretilin, Nicolau Lobato, dalam  operasi  penangkapan  pada  tanggal  31 Desember  1978. Waktu  itu,  Prabowo  Subianto bertindak  sebagai  kapten  yang  memimpin  28 pasukan elit.

Selaku  prajurit  KOPASSUS,  Prabowo  berhasil memimpin operasi penyelamatan peneliti Ekspedisi Lorentz  95  yang  disekap  oleh  Organisasi  Papua Merdeka  dalam  operasi  pembebasan  sandera mapenduma pada tahun 1996. Waktu itu, Prabowo Subianto bertindak sebagai komandan. Prabowo membuktikan kepada konsultan-konsultan militer dari Delta Force Amerika dan SAS Inggris bahwa misi penyelamatan  yang  mereka  vonis  “Mission Impossible” dapat diselesaikand dengan baik oleh KOPASSUS.

Selaku  prajurit  KOPASSUS,  tim  Prabowo  berhasil mengibarkan bendera merah putih di puncak tertinggi dunia, Gunung Everest, di kawasan Himalaya pada tanggal 26 April 1997. Waktu itu, Prabowo Subianto bertindak sebagai pemrakarsa yang memimpin tim yang terdiri dari anggota Kopassus, Wanadri, FPTI, dan mapala UI untuk mendaki puncak Everest. Maka, Indonesia berhasil menjadi negara pertama di kawasan tropis sekaligus negara pertama di Asia Tenggara yang mencatat  sukses  menggapai  puncak  Everest.

Prabowo berhasil mengharumkan nama Kopassus di dunia internasional dengan berbagai prestasinya, sehingga KOPASSUS diakui sebagai salah satu pasukan elit terbaik dunia, memiliki kesejahteraan yang paling baik dibandingkan satuan lainnya dan juga memiliki kelengkapan militer yang dapat disejajarkan dengan satuan elite militer dunia.

Selaku pembina olahraga polo berkuda di Indonesia, pada Januari 2014 Prabowo telah berhasil menjadikan tim polo berkuda Indonesia menjuarai Kejuaraan Polo Berkuda se-Asia. Tim nasional Indonesia yang terdiri dari putera-putera petani berhasil mengalahkan tim nasional India, Cina, dan Korea Selatan.

Selama menjabat sebagai Ketua Umum IPSI, prestasi tim nasional pencak silat Indonesia selalu berkibar di kejuaraan internasional. Selama 20 tahun terakhir, Prabowo  memastikan  tim  nasional  pencak  silat mendapat pendidikan terbaik, latihan tanding terbaik, dan  fasilitas  pelatnas  terbaik.  Bahkan,  Prabowo mengawasi langsung latihan dengan menjadikan rumahnya tempat latihan silat.

Selaku  Ketua  Dewan  Pembina  Partai  Gerindra, Prabowo  menjadikan  Gerindra  alat  politik  bagi putera-puteri terbaik bangsa seperti Anies Baswedan, Sandiaga S. Uno, M. Ridwan Kamil, dan Bima Arya Sugiarto  untuk  maju  di  pilkada  dan  memimpin daerahnya.  Ketiganya  sekarang  diakui  sebagai pemimpin yang berhasil membawa perubahan nyata di provinsi DKI Jakarta, kota Bandung dan kota Bogor.

Selaku  Ketua  Dewan  Pembina  Partai  Gerindra, Prabowo menjadikan Gerindra partai politik dengan transparansi  proses  dan  transparansi  keuangan terbaik,  diakui  oleh  Transparency  International Indonesia (TII) dan Indonesia Corruption Watch (ICW).

Di awal tahun 2013, Partai Gerindra mempelopori pendaftaran calon anggota DPR dan DPRD secara terbuka dan pemilihan berdasarkan prestasi (merit based).

Atlit Pencak Silat Indonesia berjaya di Asian Games 2018  di  Jakarta  dengan  meraih  14  Emas  dan  1 Perunggu. Prabowo Subianto sebagai Ketua Umum IPSI merupakan sosok dibalik kesuksesan para atlit pencak silat tersebut. Prabowo selalu menyemangati, mengayomi serta menginspirasi para atlit untuk berani serta berjiwa kesatria.

Masih bicara mengenai transparansi, selaku Ketua Dewan  Pembina  Partai  Gerindra  Prabowo  gigih memastikan kader Gerindra menghemat uang negara. Salah satu sikap yang diambil adalah memastikan tidak ada kader Gerindra di DPR dan DPRD yang mengikuti “kebiasaan” jalan-jalan dengan kedok studi banding ke luar negeri.

Selaku Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo menjadikan Gerindra partai pertama dan satu-satunya partai politik yang mendeklarasikan sebuah rencana aksi  yang  akan  dijalankan.  Rencana  aksi  yang dinamakan “6 Program Aksi Transformasi Bangsa” ini disusun  oleh  Prabowo  bersama  dengan  ratusan profesor dan guru besar dengan target-target yang jelas dan terukur.

Selaku Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo selalu  menekankan  akan  pentingnya  aksi  nyata berkesinambungan. Salah satu realisasi dari konsep ini adalah layanan ambulans gratis Partai Gerindra yang sudah berjalan sejak tahun 2010.

Saat ini armada ambulans gratis Partai Gerindra terdiri dari 360 mobil dan 400 tim relawan kesehatan yang siap memastikan setiap warga tidak mampu dapat memperoleh bantuan kesehatan secara gratis.

Selaku warga negara biasa yang terdorong untuk membantu sesama warga negara, Prabowo pernah membantu kepulangan 200 BMI yang mengalami kesulitan  di  Yordania.  Prabowo  juga  pernah membebaskan seorang BMI korban perdagangan manusia asal NTT, Wilfrida  Soik  di  Malaysia  dari tuntutan  mati  di  Pengadilan  Kelantan  dengan merangkul pengacara terbaik Malaysia Tan Sri Dr. Muhammad Shafee Abdullah.

Selaku warga negara yang peduli dan memahami pentingnya  pendidikan,  Prabowo  bersama  Prof. Yohanes Surya menyelenggarakan Olimpiade Fisika Tingkat Asia (APHO). Dalam kompetisi ini, Prabowo bersama Prof. Yohanes Surya membuktikan bahwa setiap anak bangsa yang mendapatkan kesempatan untuk belajar dengan baik dapat berprestasi di tingkat internasional.

Nama Lengkap : Prabowo Subianto Djojohadikusumo

Agama : Islam

Tempat & Tanggal Lahir : Jakarta, 17 Oktober 1951

Anak : Ragowo Hediprasetyo Djojohadikusumo

PENDIDIKAN

SD (Hongkong)

Victoria Institution (Malaysia)

International School (Swiss)

American School In London (Inggris)

AKABRI Magelang

Kursus/Pelatihan

Kursus Dasar Kecabangan Infanteri (1974)

Kursus Para Komando (1975)

Jump Master / Instruktur Terjun Payung (1977)

Kursus Perwira Penyelidik (1977)

Free Fall / Terjun Bebas (1981)

Counter Terorist Course, GSG-9 Germany (1981)

Special Forces Officer Course, Ft. Benning USA (1981)

Jabatan Komandan Peleton Para Komando Group-1 Kopassandha (1976)

Komandan Kompi Para Komando Group-1 Kopassandha (1977)

Wakil Komandan Detasemen-81 Kopassus (1983-1985)

Wakil Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad (1985-1987)

Komandan Batalyon Infanteri Lintas Udara 328 Kostrad (1987-1991)

Kepala Staf Brigade Infanteri Lintas Udara 17/Kujang I/Kostrad (1991-1993)

Komandan Group-3/Pusat Pendidikan Pasukan Khusus (1993-1995)

Wakil Komandan Komando Pasukan Khusus (1994)

Komandan Komando Pasukan Khusus (1995-1996)

Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (1996-1998)

Panglima Komando Cadangan Strategi TNI Angkatan Darat (1998)

Komandan Sekolah Staf dan Komando ABRI (1998)

Komisaris Perusahaan Migas Karazanbasmunai di Kazakhstan

Komisaris Utama PT Tidar Kerinci Agung

Presiden dan CEO PT Nusantara Energy

Presiden dan CEO PT Jaladri Nusantara

Ketua Umum HKTI Periode 2004-2009 & 2010-2015

Ketua Umum PB Ikatan Pencak Silat Indonesia (PB IPSI)

Ketua Yayasan Pendidikan Kebangsaan (Universitas Kebangsaan)

Pendiri Koperasi Swadesi Indonesia (KSI)

PENGHARGAAN

Bintang Kartika Eka Paksi Naraya

Satya Lencana Kesetiaan XVI Tahun

Satya Lencana Seroja Ulangan-III

Satya Lencana Raksaka Dharma

Satya Lencana Dwija Sistha

Satya Lencana Wira Karya

The First Class The Padin Medal Ops Honor dari Pemerintah Kamboja

Bintang Yudha Dharma Naraya

Sumber:

Berita Satu TV

Suhendra Ratu Prawiranegara

Anggota Presidium Pusat Gerakan Nasional Prabowo Presiden (GNPP), Juru Bicara BPN Prabowo-Sandi