Program Hijaunesia Power Peduli Planet , 17000 Bibit Kopi Arabika Ditanam di Pegundungan

Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin menanam kopi arabica pada program Hijaunesia Power Peduli Planet dari PT Indonesia Power Mrica PGU di Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara – Dalam rangka program Hijaunesia Power Peduli Planet dari PT Indonesia Power Mrica PGU, sebanyak 17000 Bibit Kopi Arabika ditanam di Desa Pegundungan, Kecamatan Pejawaran, Banjarnegara, Jawa Tengah Jumat (26/11/2021).

General Manager PT Indonesia Power Mrica PGU, PS Kuncoro menyampaikan, program tanam pohon ini dilakukan sebagai upaya konservasi alam di lingkungan PLTA yang harus dkawal  dan dijaga dari hulu dan hilirnya.

Reboisasi dengan penanaman 17000 pohon tersebut diharapkan akan mencegah terjadinya erosi dan mengurangi sedimentasi sehingga keberlangusnagan PLTA bisa tetap terjaga.

“Manfaat tanaman di suatu daerah akan menjaga air itu tidak lari dan akan tertahan, bahkan menjadi kantong air di wilayah itu sendiri,” katanya.

Selain itu pihaknya juga ingin menggugah masyarakat untuk mencintai alam dengan menjaganya, salah satunya caranya dengan menanam pohon.

“Kami berharap dengan menjaga alam, maka alam juga akan berbalik menjaga kita,” lanjutnya

Terkait bibit kopi yang ditanam di Desa Pegundungan, Kuncoro mengatakan kopi di daerah tersebut berkembang dengan baik. Karena selain memiliki nilai ekologis, tanaman kopi juga memiliki nilai ekonomi.

Pada kesempatan tersebut Plh Bupati Banjarnegara, Syamsudin memberikan apresiasi kepada PT Indonesia Power yang telah menghidupkan semangat konservasi, khususnya dengan menanam bibit kopi.

Dia menilai kopi merupakan tanaman yang tepat untuk konservasi, karena akarnya yang kuat dapat menahan tanah dari longsor.

Syamsudin juga mengapresiasi Desa Pegundungan berhasil dalam mengembangkan budi daya kopi. Hingga kopi kopi pegundungan menjadi salah satu penghasil kopi unggulan di Banjarnegara bahkan di Indonesia.

“Di Pegundungan ini kopi  berkembang dengan baik,  bahkan beberapa waktu lalu kopi Arabica pegundungan mendapat apresiasi dari presiden Jokowi dengan diundang ngopi bersama di Istana Negara, keberhasilan ini juga berkat keuletan dari  kepala desanya juga luar biasa,” katanya.(anhar)