Program Lagit Biru Pertamina di Luncurkan di Banjarnegara

Sales Branch Manager dari PT Pertamina, Handy Tri Husodo bertemu dengan Sekda Banjarnegara Indarto membahas program Langit Biru (PLB) di Kabupaten Banjarnegara.(foto/ahr)

Reportase.tv,Banjarnegara– PT Pertamina (Persero) meluncurkan Program Langit Biru (PLB) di Kabupaten Banjarnegara. Program ini bertujuan agar masyarakat bisa menggunakan BBM jenis Pertalite yang lebih ramah lingkungan  tetapi dengan harga Premium.

Hal tersebut disampaikan Sales Branch Manager dari PT Pertamina, Handy Tri Husodo saat melakukan audiensi dengan Sekretaris Daerah Banjarnegara, Indarto dan beberapa OPD terkait di Pringgitan Rumah Dinas Bupati Banjarnegara, Jum’at (20/11) kemarin.

Saat dikonfirmasi Senin (23/11/2020), Handy menyampaikan, BBM jenis Pertalite memiliki gas buang yang lebih ramah lingkungan. Hal ini dibuktikan saat PLB diluncurkan pertama kali di Denpasar beberapa waktu lalu mampu menurunkan emisi gas buang kendaraan bermotor dalam waktu 6 bulan.

Disamping itu, PLB ini juga untuk mengajak masyarakat merasakan Pertalite dengan harga bersubisidi. Harga tersebut menjadi sama dengan harga BBM jenis Premium. Subsidi ini khusus untuk kendaraan bermotor roda dua, tiga dan plat kuning (angkutan umum).

“Harga Pertelite turun Rp.1200 per liter menjadi sama dengan harga jenis Premium,” katanya

Di Kabupaten Banjarnegara, sambungnya, PLB hanya akan diberlakukan di 3 SPBU dari total 6 SPBU yang beroperasi mulai besok, Sabtu 21 November 2020.

“SPBU yang akan menerapkan program ini ada di Klampok, Purwanegara dan Petambakan,” lanjutnya

Pada kesempatan ini, Sekda Indarto mengapresiasi dan mendukung program tersebut. Menurutnya hal ini akan mengurangi polusi udara dari gas buang kendaraan bermotor dan akan semakin mendorong terwujudnya Banjarnegara sebagai Kabupaten Konservasi

“Dengan menggunakan Pertalite, gas buang kendaraan jadi lebih rendah dan berdampak baik terhadap lingkungan,” tuturnya. (ahr)