PSI Banyumas Beri Solusi Penanganan Masalah Sampah

Purwokerto, Reportase.tv – Persoalan sampah di Kabupaten Banyumas Jawa Tengah menjadi masalah serius. Keberadaan sejumlah tempat pembuangan akhir (TPA), mendapat penolakan dari warga. Partai Solidaritas Indonesia (PSI), memberi solusi untuk penanganan atau pengolahannya, dengan cara memilah sampah organik dan an organik dimulai dari sumbernya.

Para kader dan calon anggota legislatif PSI Banyumas, ini, Selasa siang mendatangi eks TPA Gunung Tugel.

Kedatangan mereka, ingin mengetahui secara langsung kondisi TPA yang sudah ditutup oleh pemerintah daerah setempat. Namun masih ada beberapa kendaraan truk yang nekat membuang sampah di TPA tersebut.

Warga sudah berulang kali menolak keberadaan TPA yang dinilai tak ramah lingkungan, selain bau busuk, sampah sudah berserakan di jalanan serta mencemari air bersih.

Melihat ini, PSI Banyumas perlu memberi masukan atau solusi kepada Pemerintah Daerah, agar pengelolaan sampah ini bisa berjalan efektif dan komprehensif yakni, dengan cara memilah sampah organik dan anorganik di mulai dari sumbernya.

Menurut Kader PSI Banyumas, Sigit Widodo, menjelaskan bahwa untuk sampah organiknya, sampah ini bisa dijadikan sebagai pupuk, bisa ditanam ke dalam tanah, atau disimpan di dalam ember sedangkan untuk sampah anorganik bisa dipilah kembali, dan sisanya atau yang terakhir baru dibuang ke TPA.

“Permasalahan sampaj di wilayah Banyumas sudah sangat memperihatin kan, kita datang ke eks TPA Gunung Tugel ini untuk bertemu dengan warga Pemulung dan membantu pemerintah memberikan solusi terhadap pengolahan sampah yang baik,” ujarnya.

Selain ramah lingkungan, dengan cara pengelolaan sampah seperti itu juga bisa diarahkan untuk menambah pendapatan asli daerah pasalnya, hasil pemilahan sampah itu bisa dijual,” pungkas Sigit. (*)