Puncak Si Gemplong, Wisata Negeri Awan di Batas Batang dan Dieng

 

Reportase.tv Jateng – Jalanan berkelok melintasi perbukitan dapat dinikmati setiap orang yang datang. Dingin, berkabut hingga hamparan sawah kentang, sayur mayur serta kebun buah rica-rica menambah suasana alam nan asri semakin memanjakan sejauh mata memandang.

Demikian tersebut bisa dijumpai saat tiba di Puncak Si Gemplong, Dukuh Bintoro Mulyo, Desa Pranten, Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah.

Ya, inilah kawasan wisata yang lagi viral dengan dikenal Wisata Negeri Awan di Perbatasan Batang dan Dieng, Kabupaten Banjarnegara.

Banyak spot wisata disuguhkan sepanjang jalan. Selain eksotisme Dusun Sigandul di lereng-lereng Gunung Prau, terdapat Puncak Si Gemplong lengkap menara pandang dan taman-taman tematiknya.

Juga, ada pemandian air panas Kolam Bitingan, dua spot air terjun dan area camp Sipandu.

Banyak kalangan datang ke lokasi ini. Tentunya, dari berbagai daerah.
Saat awak reportase.tv menyambangi lokasi, Sabtu (1/8/2020) pagi, tampak sejumlah komunitas kendaraan bermotor roda dua melintasi kawasan Si Gemplong, begitupun roda empat.

Tempat peristirahatan dan spot foto selfie antre pengunjung. Belasan anak muda yang turun dari camp Sipandu berbaur dengan wisatawan.

Sedangkan di kolam air panas tampak sejumlah keluarga dari Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten, asyik menikmati pemandian air belerang.

“Sengaja ke sini dulu mau ke Purwokerto. Anak-anak pengin mandi air panas alami yang di Jakarta gak ada,” tutur Ida, pengunjung asal Tangerang Selatan kepada awak media.

Tak luput, banyak warung makan yang menjajakan makanan khas pedesaan. Harganya, ringan di kantong. Sebut saja, mendoan, lontong tahu, mie ongklok, dan lain. Bagi yang mau kopi panas, teh, air mineral, jangan tanya lagi. Pasti tersedia.

Sementara yang membedakan setiap warung yaitu lokasi dan suasananya di samping menu unggulan masing-masing, jagung bakar aneka rasa juga ada.

“Sehari bisa dua karung. Kalau liburan 4 karung. Malah ada anak-anak camp yang pesan sekarung mentah buat dibakar di sana,” ujar Prasetio, warga Si Gemplong yang buka kios jagung dan mie rebus.

Informasi yang dihimpun, kawasan Puncak Si Gemplong bergeliat menjadi tempat wisata sejak pemerintah daerah melakukan pembangunan jalan. Pada 2019, Pemkab Batang meningkatkan jalan Desa Deles ke Si Gemplong Kecamatan Bawang, dengan rabat beton dan pembagunan jalan Si Gemplong-Rejosari.

Selanjutnya, diusulkan melalui Pemerintah Provinsi Jateng membangun jalan beton sepanjang delapan kilometer di Si Gemplong untuk menghubungkan ke Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Dieng.

Si Gemplong, kini sudah mulai dikenal. Influencer banyak yang mereview. Tak terhitung lagi yang selfie atau berfoto dengan latar keindahan alam Si Gemplong.

Pada pertengahan Juli 2020, artis senior Ari Wibowo mengendarai motor gede kedapatan menikmati ketinggian di sejumlah spot Si Gemplong. (wjy)