Rama Biyung Genre Dikukuhkan

Reportase.tv Banyumas – Bertempat di Pendopo Sipanji Kecamatan Banyumas, Bupati Banyumas Achmad Husein beserta istri dinobatkan menjadi rama biyunge generasi berencana (Rama Biyung Genre) Sabtu (7/3/2020). Pengukuhan dilakukan oleh Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah Wagino dengan ditandai penyematan selendang Ramane dan Biyunge kepada Bupati Achmad Husein dan Ny Erna Husein.

Usai penobatan Rama Biyung Genre Banyumas mereka didaulat menjadi narasumber Talkshow Interactive “Genre” Planning Generation Toward Banyumas. Hadir pada acara ini Kepala DPPKBP3A Kabupaten Banyumas dan Kepala Dinas Kabupaten Banyumas, Camat, Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan juga Anggota Forum GenRe (Generasi Berencana) dan undangan lainnya.

Ramane dan Biyunge Genre Banyumas secara bergiliran menyampaikan pesan dan motivasi kepada para remaja Genre yang menghadiri acara tersebut. Ramane Genre, Achmad Husein, menyampaikan hal-hal yang harus dipersiapkan oleh para Genre untuk meraih masa depan.

Menurutnya barometer bahagia ada 6 yaitu aman, tenteram, damai, adil, makmur dan sejahtera. Apabila ke enam hal tersebut terpenuhi maka orang akan bahagia. Untuk itulah kepada para remaja untuk merencanakan kehidupannya dengan baik, tidak sembarangan dan tidak asal-asalan. Karena pekerjaan besar harus memiliki rencana yang baik agar membuahkan hasil sesuai target. Namun dalam perjalanan perencanaan juga harus ada pengawasan dan monitoring, dan semua itu tergantung dari para generasi mudanya.

“Untuk menjadi juara dan meraih sukses harus bekerja keras, cepat dan cerdas. Kalau tidak maka hanya akan menjadi pengekor dan pecundang” katanya.

Sementara itu Biyunge Genre, Ny Erna Husein lebih menekankan pada perkembangan dan hal yang harus dilakukan Forum Genre di Kabupaten Banyumas. Dia berharap agar Forum Genre di tingkat kecamatan lebih banyak didirikan di Banyumas.

“Di Kabupaten Banyumas baru 7 kecamatan yang memiliki forum Genre dari 27 Kecamatan yang ada” katanya.

Erna juga menyampaikan agar Pengurus Genre Kabupaten Banyumas untuk membuat aplikasi khusus agar segala informasi tentang Genre dapat diterima oleh banyak pihak khususnya Genre di daerah. Sinergi dengan dinas dan instansi lain juga harus dilakukan agar mendapatkan informasi dan juga kerjasama.

Kepala BKKBN Wagino mengatakan bahwa jumlah penduduk Indonesia saat ini telah mencapai 273 juta lebih dan harus dikendalikan pertambahnnya. Dari jumlah tersebut 35 persennya adalah remaja. Dengan adanya Genre diharapkan para remaja mendapatkan edukasi yang cukup untuk mempersiapkan masa depannya karena di Genre ada 3 hal mendasar yang harus dihindari oleh remaja.

“Ketiga hal tersebut yaitu tidak melakukan pernikahan di usia dini, tidak melakukan seks pranikah dan tidak mengkonsumsi napza,” katanya.

Dalam kaitannya dengan pengukuhan Ramane Biyunge Genre, Wagino menyampaikan bahwa Bupati Banyumas Achmad Husein dan Ny Erna Husein adalah Ramane Biyunge Genre yang ke-5 di Jawa Tengah.

Sedangkan Ketua Forum Genre Kabupaten Banyumas, Arbina Satria, melaporkan prestasi yang telah dicapai oleh Forum Genre Kabupaten Banyumas.

“Forum Genre Kabupaten Banyumas menjadi salah satu percontohan Genre di Jawa Tengah dan telah meraih sebagai yang terbaik di Jawa Tengah dalam pengelolaan media pada tahun 2019,” katanya.

Satria juga mengatakan bahwa pada bulan lalu, perwakilan Genre Kabupaten Banyumas diundang sebagai narasumber pada kegiatan yang digelar oleh BKKBN Provinsi Jawa Tengah. (Kus)