Ratusan Siswa Pecinta Alam Ikut Ocean Clean Up Day 2020

Sekitar 250 siswa pecinta alam dari 23 ekskul Sispala dan Forum Sispala Jakarta diikutsertakan oleh RIO (Restore Integrity to the ocean), LSM lingkungan hidup dari Amerika. (tommy)

Reportase.TV, Jakarta, Tidak banyak yang tahu bahwa Indonesia penyumbang sampah terbesar kedua di dunia yang membuang sampah di laut.

Sampah plastik di laut berubah menjadi mikro plastik yang tanpa sengaja terkonsumsi oleh hewan laut, terumbu karang serta ekosistem yang ada di laut.

“Diprediksi pada tahun 2050 lebih banyak sampah plastik ketimbang hewan laut kalau kita tidak melakukan perubahan dengan tidak membuang sampah plastik di laut, “ kata Adjie Rimbawan, salah satu aktivis lingkungan hidup.

Dalam kegiatan bersih-bersih laut dan pantai, sekitar 250 siswa pecinta alam dari 23 ekskul Sispala dan Forum Sispala Jakarta diikutsertakan oleh RIO (Restore Integrity to the ocean), LSM lingkungan hidup dari Amerika.

Acara ini berlangsung selama 2 hari 8-9 Pebruari 2020 di Pantai Tanjung Pasir, Mauk Tangerang, Banten, berlangsung meriah ditambah keciriaan anak-anak muda Jakarta, yang sebagian besar baru pertama masuk ke air laut.

Menurut Rudi Sofyan dari Sispala, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi pecinta alam di Jakarta. Apalagi tema Ocean Clean up day menggaungkan kepedulian terhadap kelestarian ekosistem di laut sebagai sumber kehidupan masa depan. (tommy)