‘Rewanda Bujana’ Berbagi Kesenangan Kepada Sesama Makhluk Tuhan

Reportase.tv Banyumas – Sebuah acara unik yang ditonton ratusan warga digelar di sebuah taman kera di Banyumas Jawa Tengah, Minggu (20/10/2019). Kegiatan ini merupakan sebuah tradisi memberi makan ratusan kera. Sebelum diserahkan, gunungan berisi buah dan hasil bumi ini lebih dulu diarak sepanjang jalan kampung menuju wisata masjid Saka Tunggal.

Gunungan berisi buah-buahan dan hasil bumi tersebut diarak sepanjang jalan kampung di Desa Cikakak Kecamatan Wangon Kabupaten Banyumas. Mereka merupakan perwakilan dari desa-desa yang ada di wilayah tersebut. Musik kentongan menambah meriah acara yang diberi nama Rewanda Bujana atau berbagi kesenangan kepada sesama makhluk tuhan.

Arak-arakan kemudian menuju taman kera yang berada satu area dengan obyek wisata masjid Saka Tunggal. Gunungan yang berisi makanan kesukaan kera ini diletakan di lokasi dimana ratusan kera biasa bermain.

Isi dari gunungan ini akhirnya dilempar ke arah gerombolan kera yang berada di pohon. Banyaknya pengunjung, hewan lucu inipun tak bisa menikmati makanan kesukaan mereka sepuasnya karena takut.

Salah satu wisatwan bernama Wulan, “saya dari Jawa Timur sengaja datang melihat acara Rewanda di Cikakak, yang menarik justru hasil panen warga untuk pakan ternak. Namun sayang banyak warga sehingga monyet takut. Nanti kalau warga sudah pulang makanan itu akan di makan.

Hal serupa juga di katakan Wisatwan bernama erni, saya senang dan kali pertama berkunjung ke Wisata Masjid Saka Tunggal ingin melihat acara rewanda. saya disini melihat arak arakan hasil bumi dan monyet. saya sengaja datang dari kabupaten brebes karena penasaran.

Acara Ini memberi makan dan sekalian melestarikan lingkungan supaya kera-kera tidak mati dan berkembang dengan baik. Kegiatan ini bisa untuk hiburan karena kera disini tidak nakal berbeda dengan kera di tempat lain. Untuk pengembangan wisata pemda menggandeng Perhutani.” Kata Bupati Banyumas

Bupati Banyumas, Achmad Husein Kepada Reportase.tv Menjelaskan,” kegiatan ini merupakan upaya menambah daya tarik obyek wisata Cikakak dengan memanfaatkan keberadaan ratusan kera yang berada di desa tersebut. Untuk pengembangan dan perluasan obyek wisata taman kera masjid Saka Tunggal pemda Banyumas akan menggandeng perhutani.” Pungkasnya. (Kus/Sfy)